JawaPos Radar

Perusahaan Asal Jepang MUFG Sah Miliki 40 Persen Saham Danamon

06/08/2018, 05:40 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Perusahaan Asal Jepang MUFG Sah Miliki 40 Persen Saham Danamon
Bank Danamon resmi dimiliki perusahaan Jepang (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Salah satu grup penyedia jasa keuangan dunia, Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) resmi meningkatkan kepemilikan saham di PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon). Perusahaan asal Jepang ini akhirnya menguasai 40 persen saham Danamon dan menjadi pemegang saham pengendali.

Melalui keterangan tertulis, jumlah saham 20,1 persen di Danamon didapatkan dari harga saham yang dibanderol sebesar Rp 8.921 per lembar saham atau sekitar USD 0,62 atau setara dengan Rp 17,18 triliun. Harga ini sesuai dengan harga buku perseroan kuartal II-2018 2.0x dengan penyesuaian yang diterapkan.

Setelah tahap ini selesai, AFI yang merupakan sepenuhnya dimiliki oleh Fullerton Financial Holdings Pte Ltd, (FFH) akan tetap menjadi pemegang saham pengendali di Danamon dengan kepemilikan saham 33,8 persen.

Regional Executive for Asia, Takayoshi Futae menjelaskan penyelesaian kepemilikan saham tahap 2 ini merupakan momentum yang baik antara MUFG dan Danamon. Menurutnya, pihaknya telah mencapai diskusi secara mendalam dan produktif dengan Danamon sejak mereka bergabung sebagai mitra usaha pada Desember.

MUFG Bank akan merayakan hari lahir yang ke 50 di Indonesia tahun ini. Menurut dia, proses akuisisi ini juga bertujuan untuk menyatukan jaringan global dan memudahkan nasabah atau klien perseroan.

Sebelumnya, akhir Juli lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merestui MUFG untuk meningkatkan kepemilikan saham di Danamon. Sebelumnya MUFG memiliki 19,9 persen saham Danamon. MUFG Bank memiliki jaringan global dengan lebih dari 1.800 kantor di lebih dari 50 negara.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up