JawaPos Radar

Meski Bukan Hal Baru, Bisnis Laundry Menjanjikan di Kota Medan

05/08/2018, 23:15 WIB | Editor: Budi Warsito
Meski Bukan Hal Baru, Bisnis Laundry Menjanjikan di Kota Medan
Gerai Daily Wash Laundromart di Jalan Willem Iskandar, Medan. (Prayugo Utomo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Laundry atau jasa cuci pakaian ternyata bisnis yang cukup menjanjikan di Kota Medan. Dengan aktifitas masyarakatnya, banyak orang memilih cara instan untuk mencuci pakaian.

Laundry pun menjadi pilihannya. Masyarakat Medan juga sudah pintar dalam memilih laundry baik dari segi kualitas ataupun harga.

Peluang bisnis laundry ini pun dimanfaatkan para investor. Daily Wash Laundromart adalah salah satu perusahaan Laundry baru di Medan yang kembali menambah gerainya di Kota Medan. Tak sampai enam bulan, perusahaa tersebut telah membuka gerai keduanya di kawasan Jalan Willem Iskandar, Kota Medan. Dimana sebelumnya, mereka membuka gerai pertamanya kawasan Jalan Asia, Kota Medan.

Gerai kedua yang dibuka adalah milik mitra Daily Wash Laundromart Lenny. Dihadiri langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Daily Wash  Laundromat Indonesia, Lianto Tim.

Lenny mengatakan, pilihan tempat di Jalan Willem Iskandar punya pertimbangan sendiri bagi Daily Wash. Tempat itu sudah dilakukan uji kelayakan sesuai standar franchise Daily Wash.

"Disini pertimbangannya karena ramai. Dekat kampus juga. Jadi banyak mahasiswa," kata Lenny kepada JawaPos.com, Minggu (5/8). 

Memang lanjut Lenny, dalam menentukan lokasi, Daily Wash lebih selektif. Mereka tidak mau mitranya mengalami kerugian. Sehingga harus dilakukan penelitian. Tidak hanya soal tempat, Daily Wash juga menseleksi calon mitranya. Sehingga, bisnis itu memang dilakukan secara serius.

Sementara itu, CEO Daily Wash  Laundromat Indonesia, Lianto Tim menjelaskan, Daily Wash punya perbedaan signifikan dengan laundry lainnya. Kualitas kebersihan menjadi prioritas mereka. Satu mesin hanya digunakan jntuk satu oelanggan saja. Sehingga pakaian tetap higienis.

"Pakaiannya itu tidak digabung dengan pelanggan laknnya. Dan prosesnya sangat ceoat. Kurang lebih satu setengah jam sudah selesai," ujar Lianto.

Mesin yang digunakan, adalah yang berkualitas tinggi. Didatangkan langsung dari amerika dan berkapasitas 10 kilogram. Namun mereka hanya membatasi per load nya itu hanya ymtujuh kilogram. Itu dilakukan untuk menjaga kualitas pakaian.

Harga yang dibanderol untuk sekali cuci adalah Rp 30 Kilogram. Jika dirata-ratakan dari 7 kilogram, pelanggan hanya membayarkan sekitar Rp 2.800 per kilogramnya.

"Kebersihan adalah konsen kita. Harga kita sangat terjangkau jika dibandingkan yang lain," ujarnya.

Dalam sistem waralaba yang diterapkan, mereka akan memberikan panduan kepada calon mitranya dalam mengelola bisnis.

Daily Wash mmakai konsep seperti ini sejak 2017 akhir. Waralaba dibawah manajemen PT. Anugrah Lima Semesta itu menarget akan membuka 1.500 gerai baru diseluruh Indonesia hingga 2027 mendatang.

"Di Medan awalnya sangat diluar jangkauana kita. Namun ternyata growingnya (pertumbuhannya) cukup pesat. Masyarakatnya lebih mudah jntuk di edukasi. Medan unik. Tren cepat diikuti orang," tandasnya.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up