JawaPos Radar

Asian Games 2018

Wakapolri: Barracuda Sudah Disiapkan, Tapi Hanya Dipakai Jika Mendesak

05/08/2018, 23:07 WIB | Editor: Banu Adikara
Asia Games 2018, sepak bola, Syafruddin
Wakapolri Komjen Pol Syafruddin (Isa Bustomi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Wakapolri Komjen Pol Syafruddin menuturkan bahwa pihak kepolisian akan mempertimbangkan permintaan timnas sepak bola Malaysia yang meminta pengawalan kendaraan lapis baja barracuda di Asian Games 2018.

Untuk diketahui, belum lama ini Malaysia meminta Indonesia untuk menyiapkan kendaraan lapis baja barracuda untuk pengamanan tim nasional sepak bola. Permintaan diajukan lantaran hubungan kedua negara sedang memanas di lapangan hijau.

Menpora Imam Nahrawi sendiri sudah mengatakan bahwa permintaan Malaysia itu tidak perlu dilakukan karena pengamanan Asian Games 2018 sudah cukup ketat.

"Untuk penggunaan barracuda kita harus lihat situasinya dulu. Digunakan atau tidak, itu yang menentukan bukan orang lain, itu mutlak dari pihak aparat kemananan Indonesia," kata Syafrudiin di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/8/2018).

Syafruddin mengatakan, sedikitnya akan ada 200 ribu personel gabungan TNI, Polri dan pengamanan intelejen akan menjaga jalannya Asian Games 2018. Timnas sepak bola Malaysia pun akan menjadi salah satu dari sekian banyak kontingen yang akan diamankan.

Meski demikian, Syafruddin mengatakan bahwa ratusan unit barracuda sudah tersedia untuk diterjunkan pada kondisi yang sangat mendesak. "Mana yang urgent, mana yang tidak, itu kita yang putuskan. Sudah kita siapkan barracuda sekitar 180 unit. Tak usah khawatir," tutur Syafruddin. (ISA)

(isa/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up