JawaPos Radar

Dongkrak Okupansi, Pengusaha Hotel Jatim Siapkan Promo Wisata

06/08/2018, 06:05 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Promo Hotel di Malang
Ilustrasi: Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) telah mempersiapkan program khusus untuk seluruh hotel yang ada di kawasan Jawa Timur guna mendongkrak okupansi di kawasan Jawa Timur.  (Fisca Tanjung/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Potensi wisata yang ada di kawasan Malang Raya memiliki dampak positif bagi pelaku industri perhotelan. Dengan banyaknya wisatawan yang datang, hal itu pun berefek pada tingkat okupansi.

Bahkan, pada bulan Agustus ini, Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) sudah mempersiapkan program khusus untuk seluruh hotel yang ada di kawasan Jawa Timur guna mendongkrak okupansi di kawasan Jawa Timur. 

Ketua DPD IHGMA Jawa Timur, Joko S Widiyanto mengatakan, mulai 18 Agustus mendatang, pihak Kementerian Pariwisata dan didukung oleh IHGMA, akan menggalakkan sebuah program tiga hari dua malam untuk destinasi wisata di kawasan Jawa Timur. Rutenya pun sudah disiapkan secara bergilir. 

"Sudah ada rute yang dibuat. Mulai hari pertama datang hingga pulang. Kawasan mana saja yang ingin di datangi. Misal hari pertama ke Malang, hari berikutnya ke Banyuwangi, kemudian ke Pacitan dan seterusnya," jelas Joko. 

Dia mengungkapkan, pihaknya selalu mendukung seluruh program yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata, terutama dalam hal meningkatkan potensi wisata melalui program Visit Wonderful Indonesia. "Di kawasan Jawa Timur ini banyak sekali potensi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam hingga wisata buatan," ujarnya.

Nantinya, melalui program tersebut, para wisatawan bakal diajak untuk mengeksplorasi daerah tersebut. Misalnya, ketika berkunjung ke Malang Raya, wisatawan akan diajak ke beberapa tempat wisata. Seperti wisata petik apel, wisata buatan, hingga wisata alam di Pantai Selatan. "Para wisatawan dijamin pasti akan menikmati suasana wisata dan bisa memberikan kesan yang menarik," kata dia. 

Pria yang juga GM Hotel Pesonna Surabaya dan Gresik tersebut menuturkan, setiap daerah di kawasan Jawa Timur yang memiliki potensi wisata masuk ke dalam jadwal trip tersebut. "Dengan adanya iming-iming wisata, tentunya orang yang datang juga butuh tempat menginap. Nah, disitulah hotel-hotel bisa mendapatkan okupansi," kata dia. 

Sejauh ini, program tersebut sudah pernah dilakukan di beberapa kawasan. Seperti Kepulauan Riau, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Bali. "Tahun ini, giliran Jawa Timur. Dengan adanya program ini, kami berharap partisipasi aktif teman-teman hotelier di Jawa Timur untuk menawarkan program yang diberikan oleh hotelnya sehingga membantu mendongkrak okupansi," pungkasnya.

(fis/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up