JawaPos Radar

Tak Ingin Tumbang di Ranah Minang, Relawan Jokowi Tambah Amunisi

05/08/2018, 20:56 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Tak Ingin Tumbang di Ranah Minang, Relawan Jokowi Tambah Amunisi
Tim Relawan Jokowi mendeklarasilan Galang Kemajuan (GK) Sumbar di salah satu aula hotel di Kota Padang, Minggu (5/8). (Riki Chandra/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sumatera Barat (Sumbar) tampaknya menjadi daerah tujuan paling diintai tim relawan pemenangan calon presiden (capres) Joko Widodo. Buktinya, berselang tiga hari usai mengukuhkan Forum Komunikasi Relawan pemenangan Jokowi (FKRJ) Sumbar 2019, tim relawan Sumbar lagi-lagi memproklamirkan dukungan terhadap Jokowi.

Tim Relawan Jokowi yang dibungkus dalam Galang Kemajuan (GK) Sumbar itu dideklrasikan di salah satu aula hotel di Kota Padang, Minggu (5/8).

Sumbar termasuk "zona merah" yang disinyalir mayoritas bukan pendukung Jokowi. Hal ini berkaca pada hasil Pilpres 2014 silam. Pasangan Jokowi-JK kalak telak dengan pasangan Prabowo-Hatta dengan capaian hanya 23 persen suara.

Karena itu, tim pemenangan Jokowi kian menggencarkan barisan pendukung Jokowi di Sumbar. Sehingga bisa meraup suara rakyat di atas perolehan Pilpres 4 tahun silam.

Ketua GK Sumbar, Irwan Afriandi mengatakan, organisasi relawan adalah perpanjangam tangan tim pemenangan capres Jokowi di tingkat pusat. GK saat ini, telah memiliki sebanyak 300 orang lebih anggota yang tersebar di 9 kabupaten/kota di Sumbar.

Irwan mengatakan, GK menargetkan bakal merekrut relawan baru hingga 1.500 orang sebelum rangkaian Pilpres 2019 ditabuh. Nantinya, relawan inilah yang akan turun langsung ke lapangan untuk mempromosikan kinerja Jokowi selama menjabat Presiden RI.

"Presiden membawa investasi terbesar di Sumbar. Kami optimistis Jokowi dapat merebut suara di Sumbar," ujar Irwan usai deklarasi GK Sumbar di Padang.

Terkait menjamurnya nama pendukung Jokowi yang dibungkus dalam tim relawan, Irwan Afriandi menegaskan, jika GK bukanlah gerakan relawan yang baru lahir. Namun, sudah mendukung Jokowi sejak menjabat Walikota Solo.

Kendati begitu, kata Afriandi, prinsip relawan sama, yakni berjuang untuk kemenangan Jokowi agar bisa dua periode menjadi Presiden RI. "Target kita sama, pak Jokowi Presiden lagi. Agar Indonesia tidak bubar 2030, makanya pak Jokow harus presiden kembali," sebutnya.

Sebelumnya, Kamis (2/8) lalu, relawan Jokowi juga telah mengukuhkan Forum Komunikasi Relawan pemenangan Jokowi (FKRJ) Sumatera Barat (Sumbar) 2019 di Kota Padang. Berbagai unsur politisi, ulama, hingga akedemisi ambil bagian dalam tim pemenangan Jokowi di Sumbar.

Dalam payung FKRJ itu, juga bergabung berbagai sayap organisasi pendukung Jokowi. Ada Relawan Jokowi (Rejo), Bela Jokowi (Bejo), Relawan Jokowi Center (RJC), Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP), Relawan Muslim Jokowi, Pro Jokowi (Projo), dan Forum Lintas Ormas Pendukung Jokowi (Forlap Jokowi). Keberadaan FKRPJ juga sama, yaitu untuk menaikkan dan memperkuat basis-basis Jokowi di semua daerah.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up