JawaPos Radar

Tiga Negara Afrika Barat Larang Penggunaan Cadar

05/08/2018, 15:40 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Afrika Barat larang penggunaan cadar
Presiden Senegal Macky Sall merupakan salah satu pemimpin di Afrika Barat yang mendorong larangan penggunaan cadar (AFP)
Share this image

JawaPos.com - Akhir-akhir ini beberapa negara mulai memberlakukan larangan bagi perempuan untuk mengenakan cadar. Tak sekedar larangan, denda ikut diberlakukan.

Negara-negara di Afrika Barat juga jadi salah satunya. Di sana Boko Haram terus merajalela setelah menduduki Nigeria, hal ini seolah membuat serangan teroris adalah hal yang umum di Mali dan Nigeria.

Pemerintah kemudian memutuskan Afrika Barat melarang pemakaian cadar bagi kaum perempuan di negaranya. Namun hal itu menimbulkan dilema bagi sang presiden kala itu.

Afrika Barat larang penggunaan cadar
Cadar dilarang digunakan di tiga negara Afrika Barat (Indy)

Presiden Senegal Macky Sall merupakan salah satu pemimpin di Afrika yang mendorong larangan penggunaan cadar. Namun ini tak mengherankan sebab ia salah satu dari beberapa presiden Afrika yang terbang ke Paris setelah serangan Charlie Hebdo.

Namun dirinya tidak pernah menginjakkan kaki di negara tetangga seperti Mali atau Nigeria setelah serangan tragis terhadap warga sipil yang tidak bersalah.

Seperti dilansir Kongo Mum, negara-negara Eropa seperti Prancis memilih untuk melarang penggunaan cadar dengan alasan menjadi negara sekuler dan untuk alasan keamanan. Sementara itu di Afrika Barat, larangan tersebut mungkin saja akan sulit diterapkan dengan baik di negara dengan jumlah populasi muslim yang besar seperti Nigeria, Mali, ataupun Senegal.

Selama ini, penggunaan cadar dikaitkan dengan tindak terorisme. Perang melawan kelompok-kelompok militan di Afrika Barat harus fokus pada akar penyebab masalah, melarang menggunakan cadar sebagai alat penyamaran justru tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up