JawaPos Radar

Kartu GPN Mudah Dan Murah Untuk Nasabah, Bagaimana Dengan Bank?

05/08/2018, 15:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Kartu GPN Mudah Dan Murah Untuk Nasabah, Bagaimana Dengan Bank?
Kartu debit berlogo GPN (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) saat ini tengah gencar mengkampanyekan kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) untuk mudahkan nasabah perbankan agar tidak perlu memakai banyak kartu debet.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, GPN punya peran positif untk efisiensi biaya transaksi sistem pembayaran bank. Dengan pengaturan perusahaan switching maka tidak perlu lagi banyak kartu debit dan mesin Electronic Data Capture (EDC).

“Selama ini transaksi sistem pembayaran masih membebani masyarakat karena interoperabilitas antar bank masih rendah. Bank A dan B keluarkan mesin EDC dan atm sendiri-sendiri. Itu boros. BI coba potong biaya transaksi itu,” ujarnya kepada Jawapos.com, Minggu (5/8).

Namun, Bhima mengungkapkan, kritiknya perbankan penerbit kartu debit diwajibkan untuk memastikan seluruh nasabah untuk memiliki paling sedikit satu kartu debit berlogo GPN pada 2022.

“Dengan adanya aturan ini, bank mau tidak mau harus menawarkan kartu debit berlogo GPN ke seluruh nasabahnya yang notabene sebelumnya sudah memiliki kartu debit,” tuturnya.

Padahal, menurutnya, kartu debit yang sudah ada itu pun pemrosesannya sudah diwajibkan lewat infrastruktur GPN. Hal ini menimbulkan tambahan biaya pengeluaran untuk bank penerbit kartu.

“Awalnya mau efisiensi justru jadi kurang tepat sasaran. Itu letak problem inefisiensi yang pertama,” tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up