JawaPos Radar

Kejuaraan Dunia 2018

Matsumoto/Nagahara Sukses Torehkan Tinta Emas di Kejuaraan Dunia 2018

05/08/2018, 14:29 WIB | Editor: Banu Adikara
Kejuaraan Dunia 2018, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota
Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara menjadi ganda putri Jepang pertama yang sukses meraih juara di Kejuaraan Dunia. (Banu Adikara/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara sukses membuktikan kepada dunia bahwa sektor ganda putri Jepang memang layak ditakuti. Mayu/Wakana secara mengejutkan sukses meraih gelar juara di Kejuaraan Dunia 2018 usai mereka memecundangi senior mereka Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Minggu (5/8).

Tak hanya itu, Mayu/Wakana juga menjadi ganda putri Jepang pertama yang sukses mengalungkan medali emas di Kejuaraan Dunia sejak diselenggarakan tahun 1977.

Lewat pertarungan selama satu setengah jam, Mayu/Wakana berhasil naik ke podium tertinggi setelah mereka memaksa Fukushima/Hirota mengalungkan medali perak dengan skor ketat 19-21, 21-19, dan 22-20. Hasil ini sekaligus membuat Mayu/Wakana berhasil menuntaskan dendam setelah dipecundangi Fukushima/Hirota di babak final Indonesia Terbuka 2018 bulan lalu.

Kedua pasangan kembali menyuguhkan pertandingan alot kelas dunia. Terkenal dengan pertahanan yang sangat rapat, baik Mayu/Wakana maupun Fukushima/Hirota sama-sama menunjukkan permainan ulet yang mengundang sorak sorai penonton.

Fukushima/Hirota punya kans menyegel gelar juara saat mereka memimpin 18-20. Namun, perjuangan gigih Mayu/Wakana akhirnya membuktikan bahwa mereka adalah pasangan Jepang yang lebih baik kali ini.

Menengok sejenak ke belakang, Mayu/Wakana boleh dibilang layak menyandang gelar juara dunia tahun ini. Mereka sudah harus melawan pemain-pemain tangguh sejak pertandingan perdana.

Sebelum menundukkan Fukushima/Hirota di partai final, mereka sudah melewati Huang Dongping/Li Wenmei (Tiongkok) di babak kedua setelah babak pertama mendapat bye. Kehebatan keduanya juga terlihat saat mereka menundukkan kompatriot lain mereka yang merupakan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Hasil positif terus mereka tunjukkan dengan mengalahkan wakil terbaik Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai di babak perempat final, dan pasangan Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu di babak semifinal.

Sementara bagi Fukushima/Hirota, hasil ini ibarat mengulang pencapaian mereka di Kejuaraan Dunia 2017. Kala itu, mereka juga menjadi runner up setelah dikalahkan pasangan Tiongkok Chen Qingchen/Jia yifan.

(kar/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up