JawaPos Radar

Untung Traveling Ke Luar Negeri Pakai Kartu Kredit, Cermati Tips Ini

05/08/2018, 14:30 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Untung Traveling Ke Luar Negeri Pakai Kartu Kredit, Cermati Tips Ini
Kartu kredit (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Traveling ke luar negeri menjadi keinginan untuk semua orang yang suka berlibur bersama keluarga atau teman. Namun,berlibur ke luar negeri pasti membutuhkan dana yang tidak sedikit. Kartu kredit ternyata dapat menguntungkan dalam mempermudah dan berhemat traveling ke luar negeri juga lho.

Mengutip situs resmi Cekaja.com, ada beberapa tips yang bisa diuntungkan dalam penggunaan kartu kredit untuk berhemat dan aman agar liburan lebih nyaman.

Berbicara liburan ke Eropa, tentu banyak orang yang beranggapan bahwa kegiatan tersebut membutuhkan dana mahal. Adanya perbedaan nilai tukar mata uang dan standar gaya hidup membuatnya “terasa” mahal jika dibandingkan dengan Indonesia.

Nah, sebenarnya terdapat trik untuk menghemat liburan Anda dengan menggunakan kartu kredit. Melansir laman financial times, ketika Anda berada di Eropa biasanya Anda akan disodorkan pertanyaan mata uang apa yang akan digunakan untuk bertransaksi, apakah euro (EUR) atau poundsterling (GBP)?

Hati–hati dalam memilih, karena salah satu pilihan Anda akan membuat kocek Anda terogoh lebih dalam sekitar 8 persen. Pasalnya terdapat Dynamic Currency Conversion (DCC) atau konversi nilai tukar mata uang yang dinamis.

Jika Anda menemui kondisi seperti itu, pilihlah mata uang setempat, jangan meminta menggunakan mata uang rupiah, karena nanti Anda akan membayar lebih mahal dari harga yang ditetapkan.

JIka kebetulan Anda sedang berada di Italia, pilihlah euro. Begitupun jika Anda berada di negara lain di eropa yang menggunakan mata uang euro sebagai mata uang lokalnya. Karena bila Anda menggunakan mata uang yang berbeda terdapat biaya konversi mata uang. Di tagihan kartu kredit Anda akan muncul biaya transaksi kartu kredit di luar negeri.

Studi perusahaan penyedia layanan pembayaran internasional di Inggris, FairFx, menyebutkan pada tahun ini diperkirakan hampir seperempat kartu kredit warga inggris yang digunakan di luar negeri terkena biaya tambahan senilai total 500 juta poundsterling.

Namun jika ternyata memilih tempat liburan di sekitaran Asia ataupun Amerika, jangan lupa memilih mata uang setempat untuk pembayarannya. Hal itu perlu diingat untuk menghindari biaya konversi mata uang, baik itu di restoran, hotel atau merchant lainnya. Selain itu juga ada juga beberapa hal yang harus dipersiapkan agar liburan Anda lebih hemat.

1. Gunakan kartu kredit yang memberi bonus transaksi di luar negeri

Jangan terburu-buru saat membuat kartu kredit, coba bandingkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan kartu kredit satu dengan lainnya. Untuk keperluan traveling, sebaiknya Anda juga mencari tahu kartu kredit yang memberikan benefit saat bertransaksi di luar negeri. Contohnya seperti benefit bonus transaksi bahkan diskon belanja.

2. Perhatikan biaya transaksi di luar negeri

Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang biaya transaksi di luar negeri. Jangan sampai Anda kaget setelah mendapatkan tagihan. Jika Anda sudah mendapatkan informasinya, Anda pun akan lebih selektif saat melakukan transaksi di luar negeri. Biaya transaksi di luar negeri antara lain biaya konversi mata uang asing dan biaya tarik tunai.

3. Melapor kepada bank penerbit kartu kredit

Hal ini sangat penting untuk dilakukan sebelum bepergian ke mancanegara. Jika Anda sudah melaporkannya, masalah seperti kartu kredit mengalami penolakan saat bertransaksi di suatu merchant, bisa diminimalisir.

4. Minta kenaikan limit sementara

Sebelum hari keberangkatan, coba cek limit kartu kredit Anda. Untuk berjaga-jaga, Anda perlu meminta kenaikan limit sementara. Tujuannya agar Anda lebih tenang karena tidak akan mengalami penolakan saat transaksi karena kartu kredit sudah mencapai limit

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up