JawaPos Radar

Diduga Bermain dengan Momo Gadis Argentina Bunuh Diri

05/08/2018, 14:15 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Diduga Bermain dengan Momo Gadis Argentina Bunuh Diri
Polisi kemudian yakin bahwa sang gadis tersebut berkomunikasi dengan seseorang melalui bot yang mungkin mendorongnya untuk bunuh diri. Sosok Momo sendiri sebenarnya merupakan gambar patung yang dibuat oleh perusahaan efek khusus di Jepang, Link Factory (Sputnik)
Share this

JawaPos.com - Tantangan viral lewat aplikasi kini hadir kembali. Belum lama ini beredar bahwa jika menambahkan kontak bot bernama Momo ke kontak WhatsApp maka akan ada hal-hal yang tak terduga akan terjadi.

Momo disebut-sebut sebagai teror via online yang menyeramkan. Jika pengguna WhatsApp menambahkan kontak dengan nama Momo maka akan muncul sosok mengerikan. Momo merupakan sosok gadis muda berwajah buruk rupa dengan mata besar dan bagian mulut yang tidak wajar.

Jika pengguna menambahkan Momo ke kontaknya maka bot tersebut dapat berkomunikasi menggunakan berbagai bahasa. Selain itu juga dapat mengirim gambar-gambar menyeramkan dan jika menolak Momo akan mulai mengancam dengan meneror melalui telepon namun yang terdengar hanya suara menyeramkan bahkan teriakan.

Menurut The Buenos Aires Times, polisi di Argentina sedang menyelidiki keterlibatan Momo terkait dengan kasus bunuh diri seorang gadis 12 tahun di distrik Escobar. Seorang gadis muda memfilmkan kegiatannya sebelum dia menggantung dirinya sendiri dari pohon di halaman belakang rumahnya.

Polisi kemudian yakin bahwa sang gadis tersebut berkomunikasi dengan seseorang melalui bot yang mungkin mendorongnya untuk bunuh diri. Sosok Momo sendiri sebenarnya merupakan gambar patung yang dibuat oleh perusahaan efek khusus di Jepang, Link Factory.

Seperti dilansir Sputnik, sebelum Momo muncul game Blue Whale pernah menjadi viral di Rusia pada 2016 lalu. Menurut aturannya, jika seseorang bermain aplikasi tersebut, pengguna harus memosting tanda pagar (tagar) tertentu di laman media sosial mereka.

Setelahnya mereka akan dihubungi oleh akun tak dikenal dan mulai memberi tahu jalannya permainan dan pengguna harus melaksanakannya seberapapun anehnya. Menurut The Sun, petugas penegak hukum menduga bahwa ada sekitar 15 remaja yang didorong melakukan bunuh diri akibat permainan online semacam itu. Namun, keberadaannya belum terbukti secara pasti.

(trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up