JawaPos Radar

Menlu AS: Perdamaian Israel-Palestina tak Mudah

05/08/2018, 09:51 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
perdamaian israel-palestina tak mudah
Menlu AS Mike Pompeo bertemu dengan Menlu Retno Marsudi (Imel/Jawapos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pada Sabtu, (4/8), di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta. Dalam perbincangan singkatnya tersebut, keduanya sempat membahas konflik Israel-Palestina.

AS memiliki peran penting dalam perdamaian Israel-Palestina meskipun diketahui Israel merupakan sekutu bagi AS. Pompeo juga mengatakan, situasi Palestina bukanlah situasi yang mudah.

Oleh karena itu, Retno menyampaikan dan mendorong dilaksanakan solusi dua negara di Israel-Palestina kepada Pompeo. Konsep dari solusi dua negara yaitu Palestina dan Israel mengakui keberadaan masing-masing dan hidup berdampingan secara harmonis.

perdamaian israel-palestina tak mudah
Mengakhiri konflik Israel-Palestina tak mudah (Times of Israel)

"Saat saya menyampaikan two state solution saya melihat penerimaan beliau, beliau tidak menolak solusi ini. Beliau menyampaikan perlu waktu untuk bisa membuat satu rencana damai untuk Palestina," kata Retno usai pertemuan dengan Pompeo.

Menurut Retno, isu ini penting bukan hanya bagi Pemerintah Indonesia, namun juga bagi masyarakar Indonesia. "Saya secara spesifik menyebutkan solusi ini sebagai satu-satunya jalan untuk saat ini," ujarnya.

Selain membahas isu-isu global dan juga bilateral, keduanya juga menyampaikan mengenai peringatan hubungan diplomatik AS-Indonesia yang ke-70 tahun. Dalam peringatan ini, tema yang diusulkan oleh Indonesia adalah 'Celebrate Our Diversity Prosper Together As Strategi Partner'.

Setelah bertemu Retno, Pompeo melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka pada Minggu, (5/8). Setelah itu, ia kembali bertolak ke AS.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up