JawaPos Radar

Tips Menjinakkan Kartu Kredit Agar Tidak Dihantui Tunggakan

05/08/2018, 07:24 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Tips Menjinakkan Kartu Kredit Agar Tidak Dihantui Tunggakan
Ilustrasi kartu kredit (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Kartu kredit sering membuat terlena saat berbelanja. Sehingga tagihan membengkak. Sebaiknya atur penggunaan kartu kredit dengan bijak agar kesehatan finansial tidak terancam oleh tunggakan yang menghantui hidup setiap bulan.

Mengutip situs resmi Cekaja.com, berikut ini beberapa tips bijak menggunakan kartu kredit agar hidup lebih disiplin dalam hal finansial dan lebih tenang karena tidak dikejar dengan surat-surat tagihan.

1. Jangan pernah membebankan setiap kebutuhan keluarga terhadap kartu kredit. 

Hal ini akan sangat merepotkan dan membuat enggan menutup tagihan kartu kredit yang satu dengan kartu kredit yang lainnya. Jika sudah seperti ini, maka dapat dipastikan akan mengalami kesulitan finansial karena tagihan yang datang akan terus membengkak seiring berjalannya waktu.

2. Rajin mencari diskon dan promo

Boleh saja jalan-jalan ke mal. Tapi, latihlah hanya untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Bila ada keperluan yang dibeli, jangan malas mencari diskon atau promo-promo yang menguntungkan.

Belilah barang yang sesuai dengan kemampuan. Jangan membeli barang dengan pemikiran cicilan. Selalu lunasi tagihan kartumu, jangan bayar minimumnya. Ini adalah langkah salah yang bisa membawamu ke jurang jeratan tagihan. Sekali lagi, selalu lunasi seluruh tagihan kartu kreditmu.

3. Rencanakan dan pilah pembelian barang-barang atau kebutuhan

Pilih barang mana yang harus menggunakan kartu kredit, mana yang sebaiknya menggunakan uang tunai. Gunakan kartu kredit untuk pembelanjaan online, barang yang bisa di-refund, atau bergaransi, serta pembelanjaan rutinmu seperti bensin, belanja bulanan, dan makan. 

4. Jangan pernah lelah untuk mencari tahu promo-promo yang ada dalam penggunaan kartu kredit. 

Berhubung sering sekali kartu kredit menawarkan beberapa promo yang dapat menghadirkan keuntungan seperti poin yang dapat ditukar dengan barang atau layanan tertentu hingga yang paling sering ditemukan potongan harga saat melakukan pembelian dengan kartu kredit. Hal ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena dapat memberikan keuntungan secara finansial.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up