JawaPos Radar

Laporan Langsung dari Mekkah

Lebih Separo CJH Indonesia Sudah Masuk Mekkah

05/08/2018, 00:29 WIB | Editor: Kuswandi
Haji
Calon jamaah haji Indonesia saat tiba di Arab Saudi (Firzan Syahroni/ Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Rombongan calon jamaah haji (CJH) Indonesia terus mengalir ke Tanah Suci. Hingga Sabtu (4/8) pukul 14.00 waktu Arab Saudi (WAS), total CJH yang datang sebanyak 125.157 orang dari 311 kloter. Jumlah itu lebih dari separo dari total CJH regular yang sebanyak 204 ribu jamaah.

Bandara King Abdulaziz Jeddah yang menjadi sentra kedatangan jamaah kini kian padat. Jumat (3/8) siang hingga malam, sejumlah kloter datang dalam rentang waktu berdekatan. Gelombang kedatangan menjelang siang dimulai oleh kloter 56 Embarkasi Solo.

Rombongan tersebut mendarat pukul 10.30 WAS. Kemudian disusul kloter 47 Embarkasi Surabaya mendarat pukul 10.38. Tak berapa lama, datang lagi kloter 65 Embarkasi Jakarta-Bekasi pada pukul 11.06. Tak sampai 20 menit kemudian, mendarat lagi Kloter 48 Embarkasi Surabaya.

Para petugas haji di Jeddah harus pontang-panting membantu para CJH yang baru tiba. Jeda sejenak, kloter 20 Embarkasi Makassar tiba pukul 12.30. Lalu, pukul 14.21, giliran kloter 57 Embarkasi Solo yang mendarat.

Setiap kloter keluar dari bandara melalui gerbang yang berbeda. ’’Sebenarnya sekarang ini belum mencapai masa puncak, meski kedatangan kloter-kloter di waktu hampir bersamaan,” kata Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Arsyad Hidayat. Menurut dia, suasana puncak akan terasa menjelang akhir kedatangan CJH pada 15 Agustus nanti.

Meski demikian, dia  lega karena para CJH sudah mengenakan kain ihram. Hal itu memangkas waktu keberangkatan dari Bandara Jeddah ke Mekkah. Sebelumnya, keberangkatan sempat molor karena CJH baru sibuk mengenakan ihram di bandara Jeddah.

’’Itu (CJH sudah berihram, Red) sangat membantu petugas kita dan petugas Arab Saudi,” kata Arsyad. Kepatuhan itu juga membantu mengurangi risiko jamaah tertinggal bus ke Mekkah. 

Oni/JPK

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up