JawaPos Radar

Hendak Rapat Sambil Berlayar dengan Kapal Laut, Pemprov Ditentang

05/08/2018, 08:30 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
kapal pesiar, pemprov rapat kapal laut, pemprov sulsel rapat
Ilustrasi: kapal pesiar. Pemprov Sulsel berencana menggelar rapat di atas kapal sambil berlayar. (Gene Sloan/USA Today)
Share this image

JawaPos.com - Anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) menentang rencana Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono yang hendak memboyong ratusan pejabat rapat sambil berlayar menggunakan kapal laut. Hal itu dinilai pemborosan anggaran dan lebih baik berhemat.

Anggota DPRD Sulsel Selle Ks Dalle mengungkapkan, Pemprov Sulsel tengah menghadapi krisis keuangan dengan defisit hampir Rp 200 miliar. Rapat di atas kapal laut dengan melibatkan ratusan pejabat dinilai tak efisien. Pemprov Sulsel pun diminta mempertimbangkan rencana tersebut.

Menurut Selle, tujuan pejabat berlayar bersama dari Makassar menuju Surabaya, sebetulnya positif. Bisa memupuk kebersamaan, sekaligus memperkuat silaturahmi antarsesama pimpinan OPD. Hanya saja, kegiatan itu tidak tepat di tengah keterbatasan anggaran.

Soni Sumarsono, pemprov sulsel, pemprov rapat kapal laut
Pjs Gubernur Sulsel Soni Sumarsono. (Syahrul Ramadhan/JawaPos.com)

"Mereka (pemprov) harus menutupi defisit anggaran yang saat ini terjadi. Kan bisa rapat di DPRD atau di rumah jabatan. Masih banyak yang bisa dimanfaatkan untuk ruang rapat. Kebersamaan pun pasti terpupuk," tegasnya kepada FAJAR (Jawa Pos Group), Jumat (3/8).

Anggota Komisi D ini menegaskan, banyak gedung milik pemerintah yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan rapat, dibanding menyewa kapal laut. Tentu membutuhkan biaya lebih besar. Apalagi, setelah tiba di Surabaya, rombongan harus kembali menggunakan pesawat.

Selain itu, lanjut Selle, kegiatan rapat di atas kapal tak ada dalam perencanaan anggaran. “Itu rujab luas sekali. Ada gedung rapatnya. Di sana kita juga bisa sama-sama. Agenda ini tidak ada dalam perencanaan anggaran,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, yang berusaha dikonfirmasi, tidak memberi respons. Soni yang biasanya rajin menjawab konfirmasi wartawan via WhatssApp (WA), kini tidak memberi jawaban. Pertanyaan yang dikirimkan via WA hanya bertanda read namun tak dijawab.

Kepada FAJAR (Jawa Pos Group) sebelumnya, Soni mengaku rencana itu masih sebatas wacana. Pun dia belum menentukan jadwal pasti, kapan akan menggelar rapat sembari berlayar menggunakan kapal Pelni rute Makassar-Surabaya.

(fab/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up