JawaPos Radar

Tim SAR Pastikan Akan Evakuasi Seluruh Korban KM Satya Kencana IX

04/08/2018, 20:52 WIB | Editor: Kuswandi
KM Satya Kencana IX
KM Satya Kencana IX Terbakar Di Laut Jawa (Basarnas)
Share this

JawaPos.com - Tim Search And Rescue (SAR) Banjarmasin tengah disibukkan dengan upaya evakuasi korban kebakaran Kapal Motor (KM) Satya Kencana IX. Update terbaru sudah 229 korban yang dievakuasi dengan selamat, serta 1 dinyatakan meninggal. Tim evakuasi sendiri masih ada yang disiagakan di lokasi kebakaran.

Kepala Kantor SAR Banjarmasin, Mujiono mengatakan belum ada rencana penghentian pencarian korban. Diperkirakan evakuasi akan terus dilakukan hingga korban seluruhnya telah dinyatakan ditemukan.

"(Evakuasi akan dilakukan) sampai batas ditentukan bahwa korban sudah semua dievakuasi," ujar Mujiono kepada JawaPos.com, Sabtu Malam (4/8).

Mujiono menuturkan, tim evakuasi masih menempatkan KM Laksmana di lokasi kebakaran terjadi. Mereka disiagakan untuk memantau jika muncul korban yang belum terevakuasi.

"Tim sementara untuk KM Laksmana masih di TKP melakukan pemantauan, untuk memastikan masih ada korban atau tidak," terangnya.

Sementara itu cuaca di sekitar perairan Laut Jawa disebut cukup cerah. Dari pantauan Tim SAR gelombang setinggi 1,5-2 meter. Hanya angin yang terbilang cukup kencang.

Namun Mujiono memastikan cuaca tersebut tidak akan mengganggu proses evakuasi. Tim SAR akan tetap berusaha maksimal menyelamatkan korban yang masih tertinggal.

"Sebenarnya cuaca enggak (mengganggu) juga, cuma dalam perjalanannya saja gelombang tinggi jadi memperlambat perjalanan," pungkasnya.

Dalam evakuasi korban KM Satya Kencana Tim SAR dibantu oleh, TNI AL, sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud).

(sat/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up