JawaPos Radar

Viral Foto Kali Item Berwarna Hijau, Kadis Tata Air: Itu Jelas Editan

04/08/2018, 21:05 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Viral Foto Kali Item Berwarna Hijau, Kadis Tata Air: Itu Jelas Editan
Foto editan Kali Item menjadi hijau. (Istimewa dari Facebook Rifqi Fathullah)
Share this image

JawaPos.com - Sensasi yang ditebarkan oleh sosial media memang tidak pernah ada habisnya. Baru-baru ini tengah ramai foto Kali Sentiong atau akrab dikenal Kali Item di Facebook berwarna hijau.

Jelas foto yang diunggah tahun 2017 ini memancing perhatian masyarakat, karena Kali Item tengah menjadi pembicaraan terkait usaha Pemprov DKI yang ingin menghilangkan bau tidak sedap dari Kali tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan dengan tegas mengklarifikasi bahwa foto yang tersebar itu adalah hoax alias bohong. Bahkan, Teguh menduga ada rekayasa dibalik foto tersebut.

Viral Foto Kali Item Berwarna Hijau, Kadis Tata Air: Itu Jelas Editan
Foto editan Kali Item menjadi hijau. (Istimewa dari Facebook Rifqi Fathullah)

"Hoax, jelas itu foto editan," tegasnya kepada JawaPos.com, Sabtu (4/8).

Ketika ditanyakan mengenai kondisi Kali Item saat Pemerintahan Presiden Joko Widodo selama menjadi Gubernur, Teguh pun mengakui bahwa Kali tersebut telah berwarna hitam dan berbau sudah sejak lama.

"Benar, jadi nggak ada itu foto (sejak zaman Jokowi-Ahok Kali Item sudah menghitam)," ujarnya singkat.

Teguh mengatakan satuan petugas pasukan biru yang ada di rumah pompa Kali Sentiong merupakan warga asli. Menurut penuturan anak buahnya, bahwa sejak dulu keadaan Kali Sentiong tidak pernah berubah.

"Sejak tahun 90 an kali itu dikenal dengan nama kali bau, apalagi kalau musim kemarau. Jadi begitu," tandasnya.

Sebelumnya, telah tersebar foto-foto lawas anak-anak berenang di Kali Item. Menurut pengunggah foto Rifqi Fathullah, foto anak-anak berenang di kali tersebut benar dia ambil pada tahun 2017 lalu.

Foto di media sosial, gambar tersebut diambil di era Ahok masih gubernur Jakarta dan diposting pada 26 Maret 2017 dengan latar belakang wisma atlet sedang di bangun. Foto-foto yang viral ini pun menjadi polemik di media sosial. Banyak warganet yang meragukan bahwa foto ini hasil editan.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up