JawaPos Radar

Pelarian Terduga Pelaku Bom Bangil Berakhir Sudah

Diamankan Saat Persiapan Agustusan

04/08/2018, 19:00 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Penangkapan Terduga Teroris
LOKASI: TKP diamankannya seorang terduga teroris di Lawang, Kabupaten Malang.  (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pelarian terduga teroris pelaku bom Bangil, Pasuruan, berinisial Abd, berhenti di kawasan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (3/8) malam. Abd berhasil dibekuk di Gang Kalibiru RT 1 RW 1, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang. 

Ketua RT setempat, Hadi Suyatno menjelaskan, saat kejadian, dia kaget dengan ramai-ramai di lingkungannya. Ketika dicek ternyata ada penangkapan laki-laki tak dikenal yang membawa tas. 

"Ketika kejadian nggak tahu ada apa, pas keluar kok sudah ramai-ramai," kata dia, saat ditemui di kampungnya, Sabtu (4/8). 

Dia menjelaskan, pelaku berhasil dibekuk di depan Pos Kamling Kalibiru. Saat kejadian, kondisi kampung tengah ramai. Pasalnya, warga dan pemuda karang taruna tengah memasang bendera serta umbul-umbul untuk menyambut HUT ke-73 RI. 

Walau saat kejadian masyarakat disibukkan dengan kegiatan sambut Hari Kemerdekaan, namun hanya di kampung bagian bawah saja. Sedangkan di kampung atas tempat diamankannya terduga teroris, sepi tidak ada warga. 

"Saya nggak tahu, karena kan lokasi anak-anak pasang bendera itu di kampung bawah, sementara penangkapan di pos atas," katanya lagi. 

Hadi mengatakan, selama ramai-ramai penangkapan tersebut, pihaknya tidak mendengarkan ada bunyi tembakan, sehingga tidak mengetahui persis kondisi terduga teroris. Yang dia tahu, terduga sempat ditangkap dan diinterogasi di depan Pos Kamling.

"Tapi dibawa kemana saya nggak tahu," bebernya. 

Lanjut laki-laki yang sehari-hari mengais rezeki di Pasar Lawang itu, terduga teroris juga membawa sebuah tas. Isi detilnya dirinya pun kurang paham. Sepanjang pengetahuan Hadi, ada alat mandi, botol minuman air mineral dan mi instan. "Ada celana juga dan makanan," tandas dia.

Kampung Kalibiru yang menjadi tempat ditangkapnya terduga teroris ini berada tepat di belakang Pasar Lawang. Menuju ke sana, harus melewati kepadatan aktivitas pasar dan menembus kerumunan pembeli dan penjual. 

Gang Kalibiru berlokasi tepat di depan bak sampah tempat warga dan pedagang pasar membuang sampah mereka. Jalannya menurun, namun cukup ramai dilalui kendaraan roda dua, karena dekat dengan pemandian wisata.

Sebelumnya, terduga teroris yang diamankan oleh tim Densus 88, di Kalibiru, Lawang, Kabupaten Malang, dipastikan adalah pelaku bom Bangil, yang meledak Kamis (5/7) lalu. Hal ini disampaikan oleh Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung. 

"Pelaku bom Bangil. Untuk lebih lanjut, silahkan koordinasi dengan Mabes Polri atau Densus 88 ya," kata Ujung, Sabtu (4/8). 

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up