JawaPos Radar

KPU Tetapkan RSPAD jadi Tempat Tes Kesehatan Capres dan Cawapres

04/08/2018, 16:20 WIB | Editor: Kuswandi
Arief Budiman
Ketua KPU Arief Budiman saat diwawancara awak media , Sabtu (4/8) (Gunawan Wibisono/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta sudah dipilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), menjadi tempat pemeriksaan capres dan cawapres di Pilpres 2019.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, tidak ada perubahan tempat pemeriksaan capres dan cawapres 2019 mendatang. Semuanya masih sama seperti 2014 silam.‎

"KPU sudah memutuskan kan itu, di RSPAD," ujar Arief saat ditemui di Gedung KPU, Jalan Diponegoro, Jakarta, Sabtu (4/8).

Sampai saat ini Arief mengaku masih melakukan koordinasi dengan ‎pihak RSPAD Gatot Subroto. Siapa nantinya dokter yang dipilih untuk melakukan pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres.

"Nanti pihak RS akan menentukan tim dokter yang akan melakukan pemeriksaan," katanya.

Adapun pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani serta bebas penyalahgunaan narkotika ini merujuk pada Peraturan KPU Nomor 22/2018 pasal 28 tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Berikut isi pasal tersebut.

Pasal 28 ayat (1) KPU menetapkan Rumah Sakit Pemerintah Daerah atau Rumah Sakit Pemerintah Pusat di daerah berdasarkan rekomendasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dengan Keputusan KPU.

Pasal 2 KPU menyampaikan nama rumah sakit sebagaimana dimaksud pada ayat (1) kepada Pimpinan Partai Politik atau para Pimpinan Gabungan Partai Politik sebagai rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas penyalahgunaan narkotika.‎

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up