JawaPos Radar

BFI Finance Gelar Pelatihan Pembangunan Karakter Seribu Pelajar SMK

04/08/2018, 15:35 WIB | Editor: Saugi Riyandi
BFI Finance Gelar Pelatihan Pembangunan Karakter Seribu Pelajar SMK
BFI Finance gelar pelatihan di Sukabumi, Jawa Barat. (istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Dalam meningkatkan komitmen untuk terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Indonesia, PT BFI Finance Indonesia Tbk menggelar 'Gerakan Pelatihan Karakter bagi 1000 Anak Bangsa'. Kegiatan pelatihan pembangunan karakter ini diselenggarakan di dua tempat, yakni di Gowa, Sulawesi Selatan dan Sukabum, Jawa Barat.

Kegiatan pertama di Gowa telah dilakukan pada Mei 2018 dengan mengundang sekitar 500 siswa beberapa SMK di tersebut. Lalu, di Sukabumi dilakukan pada 1-2 Agustus 2018 yang juga mengundang sekitar 500 pelajar SMK di Sukabumi.

"Sebagai perusahaan yang memiliki visi meningkatkan taraf hidup masyarakat, kami membantu para siswa SMK meraih kesuksesan di masa mendatang karena seringkali setelah lulus SMK mereka memilih terjun langsung ke dunia kerja. Pembinaan karakter ini menekankan pada kesantunan, kreativitas, dan kemandirian," ujar Regional Manager BFI Finance Wilayah Jawa Barat 2, John Piter Sinaga dalam keterangannya, Sabtu (4/8).

John menambahkan tak hanya para pelajar yang menjadi peserta, para guru dan orangtua siswa juga mengikuti pelatihan pembangunan karakter ini. Hal ini karena pembinaan karakter anak merupakan tanggung jawab bersama, baik individu anak itu sendiri, orangtua di rumah, dan guru di sekolah. Dengan demikian, support system atau lingkungan yang kondusif dalam mendidik anak akan dapat tercipta.

"Melalui pelatihan ini, kami juga sekaligus menjalankan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK Dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Sumber Daya Manusia Indonesia," kata John.

Dalam empat tahun terakhir BFI terus melaksanakan program-program CSR dengan mengusung tema ‘Gerakan 1000’. Pada 2015, BFI memiliki ‘Gerakan 1000 Sepatu Sekolah Anak Bangsa’ yang dilaksanakan di Batam dan Pekanbaru. Lalu, di 2016, BFI menggagas ‘Gerakan 1000 Perlengkapan Sekolah Anak Bangsa’ di Lombok Utara, NTB.

"Sedangkan, 2017, kami menggelar ‘Gerakan 1000 Seragam Sekolah Anak Bangsa’ di Kupang dan Maumere, NTT," kata Corporate Communication & CSR Head BFI Finance Francisca Susilawati.

Selain kegiatan ini, perusahaan pun rutin melaksanakan program CSR lainnya, terutama yang berfokus pada peningkatan pendidikan, kualitas lingkungan, dan fasilitas publik. Di bidang pendidikan, pelaksanaan CSR diwujudkan melalui program pemberian beasiswa untuk kalangan eksternal dan internal perusahaan, bantuan fasilitas penunjang bagi sekolah-sekolah kurang mampu yang tersebar di berbagai daerah.

Adapun di bidang lingkungan, Perusahaan secara rutin menggelar penghijauan, gerakan cinta kebersihan dan pengelolaan sampah. Di bidang fasilitas publik, BFI Finance membantu pengadaan sarana air bersih, pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya. Bantuan diberikan kepada daerah maupun kelompok masyarakat dengan terlebih dahulu dilakukan survei untuk memastikan nilai manfaatnya.

”Program-program CSR tersebut kami harapkan mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat. Ini juga merupakan bentuk dukungan kami dalam menyukseskan program-program pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat,” pungkas Francisca.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up