JawaPos Radar

Perempuan Paro Baya Kepergok Curi HP

04/08/2018, 15:28 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Pencuri Handphone
Andhina Maria Goretti menunjukkan barang bukti HP yang dicurinya. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Andhina Maria Goretti, 47, benar-benar tidak kapok masuk penjara. Perempuan paro baya itu kembali menjadi pesakitan setelah kepergok mencuri handphone di outlet sepatu sebuah mal kawasan Surabaya Selatan. Andhina sendiri tercatat sebagai warga Manukan Tengah, Surabaya.

Aksi pencurian berawal saat korban bernama Diah Susilowati, warga Sumput, Sidoarjo, sedang melihat sepatu. Diah datang ke mal bersama putrinya yang masih berusia 11 tahun, adik, dan ibunya.

Tanpa disadari, putri korban yang membawa tas punggung sudah diincar pelaku. "Setelah melihat-lihat sepatu, korban sadar kalau resleting tas anaknya sudah terbuka. HP-nya yang disimpan di dalam tas hilang," jelas Kanit Reskrim Polsek Wonokromo Iptu Ristianto, Sabtu (4/8).

Tahu HP-nya raib, Diah lantas panik. Korban kemudian mengingat bahwa anaknya sempat didekati tiga orang, dua perempuan dan seorang laki-laki. Dia kemudian melapor kepada sekuriti mal. "Oleh sekuriti, laporan diteruskan ke kami. Kami langsung datangi TKP," tambah Risti.

Langkah pertama yang dilakukan polisi adalah mengecek CCTV yang menyorot ke arah outlet sepatu. Dugaan korban tak meleset. Pelakunya memang berjumlah tiga orang.

Dari sana, polisi menyisir seisi mal. Mereka kemudian melihat satu pelaku yang tak lain adalah Andhina. "Dia sempat mengelak. Tapi kemudian kami tunjukkan rekaman CCTV sehingga dia mengakui semua perbuatannya," lanjutnya.

Risti menerangkan, pihaknya masih memburu dua orang pelaku lainnya. Dari catatan kepolisian, ketiga orang tersebut adalah pelaku lawas. Bahkan mereka menjadikan mal sebagai langganan untuk melancarkan aksi kejahatan.

Khusus untuk Andhina, polisi pernah membekuknya empat tahun lalu. Tepatnya pada 2014 silam. "Dia juga ditahan di Polsek Wonokromo. Kasusnya juga sama, memang dia spesialis," ujar perwira polisi dengan dua balok di pundak tersebut.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up