JawaPos Radar

Soal Ganjil Genap Motor, Begini Kata-kata Kakorlantas Polri

04/08/2018, 16:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Soal Ganjil Genap Motor, Begini Kata-kata Kakorlantas Polri
Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pesan berantai di media sosial WhatsApp kembali viral, setelah pernah tersiar kabar jalur-jalur Ganjil-Genap yang dibuat kabar bohong. Sekarang, kabar motor yang diberlakukan sistem Ganjil-Genap selama Asian Games 2018.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa dengan tegas menepis kabar tersebut. Dirinya menyebut bahwa kabar yang beredar di sosial media adalah kabar bohong.

Soal Ganjil Genap Motor, Begini Kata-kata Kakorlantas Polri
Beredar pesan hoax terkait pemberlakuan Ganjil-Genap pada motor. (Istimewa)

"Sepeda motor tidak berlaku Gage, jadi Hoax itu," jelas Royke singkat kepada JawaPos.com, Sabtu (4/8).

Begitupula dengan, Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko yang memastikan sistem ganjil genap tidak berlaku untuk sepeda motor.

"Sampai dengan saat ini belum pernah ada pembahasan terkait hal tersebut," ujar Sigit saat dikonfirmasi.

Pernyataan tersebut sebenarnya telah mendapat pernyataan resmi dari akun resmi @TMCPoldaMetro yang telah mengunggah sebuah foto berisikan pesan berantai diberlakukannya ganjil genap sepeda motor pada Sabtu (4/8).

"Info yang beredar di grup-grup WA (Whatsapp) mengenai pemberlakuan pembatasan kendaraan ganjil genap bagi sepeda motor adalah hoax," tulis @TMCPoldaMetro.

Perluasan ganjil genap hanya berlaku untuk kendaraan roda setiap hari (termasuk akhir pekan) dari pukul 06.00-21.00 WIB. Tujuannya untuk mengurai volume kendaraan mobil menjelang dan saat Asian Games 2018.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas Dengan Sistem Ganjil-Genap Selama Penyelenggaraan Asian Games 2018. Pergub berlaku 1 Agustus-2 September 2018.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up