JawaPos Radar

Konstruksi Sarang Laba-Laba Dipercaya Garap Pondasi Lahan Rawa di Riau

04/08/2018, 14:26 WIB | Editor: Mochamad Nur
Konstruksi Sarang Laba-Laba Dipercaya Garap Pondasi Lahan Rawa di Riau
Ilustrasi pemanfaatan pondasi dengan kontruksi sarang laba-laba di proyek konstruksi (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - PT Katama terus melebarkan sayap menggarap sejumlah proyek kontruksi di Indonesia. Pemegang paten konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) ini dipercaya menggarap pondasi dua bangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

"Pondasi KSLL dipilih agar bangunan di atasnya kokoh berdiri mengingat lokasinya merupakan lahan rawa serta merupakan bangunan dua lantai," kata Direktur PT Artefak Arkindo, Agus Sudjatmiko, manajemen konstruksi SPN Polda Riau di Jakarta, Jumat (3/8).

Menurutnya, pondasi KSLL telah teruji mampu dipergunakan untuk lahan-lahan ekstrim, bahkan sudah banyak dipergunakan di daerah-daerah yang sering mengalami gempa seperti Aceh dan Padang.

Proyek Sekolah Polisi Negara yang berdiri di lahan seluas 28 hektar itu terdiri dari 30 bangunan, tiga diantaranya merupakan bangunan dua lantai, sedangkan lainnya merupakan bangunan bukan bertingkat sehingga bisa menggunakan pondasi biasa.

Agus optimis proyek yang dikerjakannya bisa rampung pada Desember 2018. "Saat ini kami sudah mulai rapat-rapat terkait dengan pekerjaan tersebut untuk kemudian dalam waktu dekat memulai pekerjaan fisik," katanya.

Agus mengatakan, dengan kondisi tanah rawa maka pekerjaan pertama yang akan dilaksanakan adalah membuang lumpur di areal yang akan dibangun sampai bertemu dengan tanah dasar, pembangunan akan memanfaatkan tanah dasar di bawah lumpur tersebut sebagai tumpuan.

Pembangunan SPN menggunakan sumber anggaran dari Dipa Mabes Polri APBN 2018 tepatnya berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Pembangunan tersebut untuk mengganti gedung SPN yang sebelumnya berlokasi di Kota Pekanbaru, dan saat ini diperuntukkan Gedung Mapolda Riau setinggi enam lantai yang masih dalam tahap pembangunan.

Konstruksi sarang laba-laba sebelum juga sudah dipergunakan untuk pondasi Gedung Logistik Mabes Polri Jalan Raya Bekasi Timur, Cipinang, Jakarta Timur.

(nas/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up