JawaPos Radar

Banyak Kartu Berlogo GPN Tidak Tersedia di KCP Bank, Ini Respons BI

04/08/2018, 13:15 WIB | Editor: Mochamad Nur
Banyak Kartu Berlogo GPN Tidak Tersedia di KCP Bank, Ini Respons BI
Ilustrasi Gedung Bank Indonesia (Dok.JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sejumlah Kantor Cabang Pembantu (KCP) di sejumlah bank mengalami keterbatasan dalam menyediakan kartu debit berlogo GPN. Seperti halnya KCP Bank BCA di Bekasi dan KCP Bank Mandiri di wilayah yang sama.

Hal itu diketahui lantaran penulis mencoba pengalaman langsung menukar kartu debit biasa dengan yang berlogo GPN. Hasilnya, petugas bank setempat merekomendasikan untuk ditukar di Kantor Cabang Utama (KCU).

Merespon hal itu, Bank Indonesia (BI) menyebut masih ada keterbatasan pada pencetakan kartu yang dilakukan oleh perbankan. Dari data yang dimiliki bank sentral, disebutkan hingga saat ini sudah sebanyak 5 juta kartu berlogo GPN dicetak dan tersebar ke seluruh perbankan.

Banyak Kartu Berlogo GPN Tidak Tersedia di KCP Bank, Ini Respons BI
Kartu GPN keluaran Bank Central Asia (Hana Adi/JawaPos.com)

"Masing-masing bank bikin komitmen ke BI, target saya sekian, atas dasar itu kita pantau. Kemudian pencetakan kartunya. Kalau yang dicetak sudah 5 juta lebih tapi itu tersebar di semua bank. Kalau bank-bank besar seperti BCA, Mandiri, untuk kemudahan kontrol, distribusinya untuk sekarang. Stok mereka rata-rata 2-3 jutaan. Jadi mereka yang diutamakan ke KCU dulu," kata Deputi Direktur Departemen Elektronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional BI Aloysius Donanto kepada JawaPos.com, Sabtu (3/8).

Namun demikian, ditargetkan pada akhir tahun 2018 masalah tersebut sudah diselesaikan. Nantinya nasabah tidak akan lagi perlu menukarkannya di KCU.

"Nanti akan digeser akhir tahun, karena sekarang nggak sebanyak yang dibutuhkan. Nggak semua orang tuh langsung mau dateng ganti kartu. Jadi sama-sama bank sama kita untuk mendorong masyarakat mau ganti," jelas dia.

Sekedar informasi, Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) resmi diluncurkan pada Mei 2018 lalu oleh Bank Indonesia (BI). Kemunculannya merupakan penantian lama setelah melalui kajian panjang selama 20 tahun.

GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem ini dan merilis kartu debit GPN berlogo garuda. Kartu debit GPN bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up