JawaPos Radar

Skybridge Tanah Abang Mulai Dibangun, Target 2 Bulan Rampung

04/08/2018, 12:46 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Skybridge Tanah Abang Mulai Dibangun, Target 2 Bulan Rampung
Pembangunan skybridge Tanah Abang. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membangun skybridge di Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Nantinya, jembatan itu akan menjadi penghubung Stasiun Tanah Abang hingga ke Blok G.

Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menjelaskan, jembatan antarmoda yang akan berintegrasi langsung dengan Stasiun Tanah Abang itu sudah mulai dibangun sejak Jumat (3/8). Dia menargetkan pengerjaan selesai dalam waktu dua bulan.

“Ini ditargetkan rampung pada 15 Oktober 2018. Proses pembangunan JPM Tanah Abang dilakukan oleh PT Amarta Karya (Persero), sedangkan yang melakukan pengawasan pembangunan PT Bina Karya (Persero),” ujar Yoory saat dihubungi, Sabtu (4/8).

Skybridge Tanah Abang Mulai Dibangun, Target 2 Bulan Rampung
Pembangunan skybridge Tanah Abang. (Dok. JawaPos.com)

Pekerjaan pembangunan skybridge yang juga disebut jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Tanah Abang itu dibagi dalam dua waktu pengerjaan, yakni pekerjaan siang hari pada pukul 04.00-19.00 WIB atau sekitar 19 jam, sedangkan untuk pekerjaan malam hari dimulai pukul 19.00-04.00 WIB atau sekitar 9 jam.

Rencananya, skybridge dibangun sepanjang 386,4 meter dengan lebar 12,6 meter. Lokasinya tepat berada di atas Jalan Jati Baru Raya, dari depan pintu stasiun hingga pasar Blok F melewati pasar Blok G.

"Selama pekerjaan Jembatan Penyeberangan Multiguna (skybridge) Tanah Abang dimaksud, diusahakan tidak mengganggu pedagang yang saat ini berjualan di Jalan Jatibaru, dengan tetap mempertimbangkan faktor keamanan di lapangan," terangnya.

Yoory memastikan skybridge ramah bagi penyandang disabilitas. Pihaknya akan memasang ramp atau jembatan penghubung di pintu keluar Stasiun Tanah Abang menuju skybridge.

“Nanti di dekat pintu keluar Stasiun Tanah Abang yang terletak di bawah flyover Jatibaru akan dipasang ramp untuk memudahkan pejalan kaki dan kaum difabel pada saat melintasi jembatan penghubung ini,” jelas dia. 

(ce1/yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up