JawaPos Radar

Pecahkan Rekor Dunia

65.000 Orang Akan Poco-poco Goyang CFD Jakarta

04/08/2018, 10:11 WIB | Editor: Bintang Pradewo
65.000 Orang Akan Poco-poco Goyang CFD Jakarta
Wakadishub DKI Jakarta Sigit Widjatmoko. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemecahan rekor dunia Guinness World Records The Large Poco-poco Dance 2018 akan dilakukan besok Minggu (5/8) di area car free day (CFD). Sehingga Dinas Perhubungan (Dishub) DKI telah menyiapkan pengawalan lalu lintas.

Acara yang diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat ini akan melibatkan 65.000 orang. Puluhan ribu orang ini telah disiapkan berbulan-bulan untuk menyemarakkan acara jelang Asian Games 2018.

Wakil Kepala Dishub DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko menjelaskan walaupun keadaan akan padat, namun pihak Dishub tidak akan melakukan pengalihan arus lalu lintas (lalin), sebab acara ini bersamaan dengan CFD.

"Tidak ada rekayasa lalin khusus terkait giat tersebut. Pola pengalihan arus sama seperti saat HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor--Red) setiap minggunya. Kami siapkan 170 personil untuk siagakan acara ini," kata Sigit dalam pesan singkatnya kepada JawaPos.com, Sabtu (4/8).

"Giat poco-poco akan berpusat di Silang Monas dan seluruh lintasan HBKB, kemudian Simpang Patung Kuda sampai dengan Simpang Bundaran Senayan," imbuhnya.

Sigit pun menerangkan untuk lahan parkir, kawasan parkir Thamrin 10 hanya khusus diperuntukkan untuk bus sekolah yang membawa para pelajar. Sehingga, atas hasil koordinasi dengan panitia lahan parkir akan dialihkan ke gedung-gedung Pemerintahan sekitar Monas.

"Atas hasil koordinasi dengan panitia dan OASE yang merupakan istri Menteri Kabinet Kerja maka, parkir bisa gunakan area parkir gedung Kementerian dan Lembaga Negara, selain Istiqlal dan sisi Lapangan banteng," pungkasnya.

Acara ini diketahui akan diselenggarakan dari pukul 06.30-07.30 WIB. Titik start akan bermula dari halaman Istana Negara, Medan Merdeka Barat, Silang Monas, Thamrin, Bundaran HI hingga Jalan Sudirman bertepatan dengan kegiatan Car Free Day.

Para peserta Poco-Poco ini terdiri atas 10.000 anggota TNI, 5.000 Polri, 6.700 orang dari kementerian/lembaga negara, 27.000 Siswa SMA DKI, 3.000 guru olahraga SMA se-DKI, 800 SKPD DKI, 1.000 mahasiswa DKI.

Selain itu, 2.500 DWP kementerian/lembaga dan DWPP, 5.000 FORMI DKI, 2.000 anggota fitness center & sanggar senam, 1.000 perwakilan lintas agama dan lingkungan RT/RW, dan 1.000 perumahan.

(rgm/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up