JawaPos Radar

Airlangga Dinilai Lahir dari Regenerasi Politik yang Bersih

04/08/2018, 08:04 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Airlangga Dinilai Lahir dari Regenerasi Politik yang Bersih
Ketum Golkar Airlangga Hartarto (Hendra Eka/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Regenerasi politik di Indonesia dinilai sudah berjalan dengan baik. Sosok politikus dari proses politik saat ini yang semakin baik, sudah bermunculan. Baik sosok baru yang muncul di level provinsi, juga nasional.

Pengamat politik dari Fisip Universitas Cendrawasih Edward Kocu mengatakan, saat ini Indonesia mengalami regenerasi politik luar biasa. Salah satunya, kata dia, Airlangga Hartarto yang muncul dari hasil regenerasi politik yang baik di Indonesia.

”Airlangga Hartarto ini sosok cawapres ideal bagi Jokowi. Rekam jejaknya bersih," kata Edward saat diskusi Komunitas @TentangGolkar di Jayapura, Jumat (3/8).

Terkait regenerasi itu, Edward menyesalkan langkah gugatan Partai Perindo terhadap UU No.7 Tahun 2017 tentang Pemilu soal masa jabatan cawapres dengan pihak terkait Jusuf Kalla. Edward memandang, hal ini akan mengembalikan Indonesia pada kemunduran politik.

Selain itu, gugatan tersebut dapat mengikis ruang politik anak muda. "Jika uji materi itu dikabulkan MK, maka dampaknya akan mengikis demokrasi kita," teranya.

Sekretaris Partai Golkar Kota Jayapura Hadirat Zega menambahkan, gugatan tersebut berpeluang memutus regenerasi politik di Indonesia. Jika ingin Indonesia lebih baik, anak muda harus diberi kesempatan.

"Beri mereka ruang politiknya. Pak JK bisa jadi penasehat negara saja, berikanlah kesempatan kaum muda," tegas Zega.

Hadirat Zega mengatakan, Airlangga adalah sosok calon wakil presiden yang pas dengan prinsip kerja nyata Jokowi. Dia menilai, Airlangga sosok politisi yang tenang dan lahir ke dunia politik bukan karena warisan.

"Dengan latar belakang profesional, Airlangga siap melanjutkan program kerja nyata Jokowi," ungkap Zega.

(yuz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up