JawaPos Radar

Selain Menyusui, Ternyata Berat Badan Bisa Pengaruhi Ukuran Payudara

04/08/2018, 06:15 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
penyebab besar kecilnya payudara, berat badan pengaruhi payudara,
Berat badan bisa pengaruhi besar kecilnya payudara. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Payudara Perempuan akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran dari waktu ke waktu. Salah satunya saat sedang hamil, menyusui, atau ketika berat badan sedang gemuk atau menyusut. Tapi benarkan ukuran payudara dipengaruhi berat badan?

Ukuran payudara ditentukan oleh hormon, kafein, dan bahkan asupan karbohidrat sepanjang bulan tertentu. Sehingga bobot tubuh bisa berpengaruh.

Dokter Keluarga Dr Kristamarie Collman dari Amerika Serikat seperti dilansir dari Pop Sugar, Jumat (3/8), mengatakan ketika seseorang menurunkan berat badan akan dapat mempengaruhi ukuran payudara. Maka jangan heran saat sedang diet, ukuran payudara akan lebih menyusut.

"Jawaban yang benar adalah ya. Menurunkan berat badan dapat mempengaruhi ukuran payudara karena sebagian besar payudara terdiri dari jaringan lemak," kata Collman.

Namun, wanita menyimpan lemak di tempat yang berbeda, seperti area perut dan paha. Ketika lemak hilang, tidak memiliki preferensi untuk area tertentu.

"Sementara perempuan ingin memilih area mana yang lemaknya hilang. Maunya paha saja atau perut saja. Tentu tak bisa memilih," jelasnya.

Seorang Trainer, Esther Avant, menyarankan agar seseorang melakukan latihan spesifik yang memperkuat dan mengencangkan area dada. Sehingga meski payudara menyusut tetapi akan tetap terlihat kencang.

"Olahraga seperti push-up, menekan dada dengan dumbel atau barbel, semuanya bermanfaat untuk membangun otot di area dada," katanya. 

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up