JawaPos Radar

Pasca Kebakaran, Gili Lawa Untuk Sementara Ditutup

03/08/2018, 23:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Pasca Kebakaran, Gili Lawa Untuk Sementara Ditutup
Kebakaran padang savana Gili Lawa, NTT. (Istimewa)
Share this image

JawaPos.com - Akibat kebakaran hebat di padang savana di Pulau Gili Lawa, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, membuat lokasi itu sementara ditutup. Pasalnya, aparat kepolisian masih mencari siapa dalang pembakaran itu.

Kabidhumas Polda NTT, Komisaris Besar Polisi Jules Abraham mengatakan Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, kini untuk sementara lokasi kebakaran ditutup. Sehingga tidak bisa dikunjungi wisatawan sementara waktu.

"Kapolres Manggarai Barat telah berkoordinasi dengan pihak Balai Taman Nasional Komodo untuk menutup sementara lokasi kebakaran di Gili Lawa," kata dia, Jumat (3/8).

Menurutnya Pulau Gili Lawa adalah pulau kecil di depan Pulau Komodo yang biasanya suka dipakai wisatawan tracking sambil melihat sunset. Penanganan kasus awalnya hendak ditangani PPNS dari Balai Taman Nasional Komodo.

"Namun karena PPNS-nya sedang ada tugas keluar daerah sehingga penanganan dilakukan oleh penyidik Polres Manggarai Barat," ucapnya.

Perlu diketahui, Hutan Gili Lawa di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (2/8) malam dilalap si jago merah. Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Bahkan, ramai diperbincangankan di media sosial beberapa penyebab kebakaran seperti api puntung rokok, pembakaran api unggun hingga kembang api.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Jules Abraham membenakran kejadian kebakaran tersebut. Yaitu pada pukul 18.15 WIT dan padam sekitar pukul 03.15 WIT. "Ya benar ada peristiwa kebakaran," kata Kombes Jules saat dihubungi Jumat (3/8).

 Terkait beredarnya informasi di media sosial tentang penyebab kebakaran, Jules membantahnya. "Seperti puntung rokok, pembakaran api unggun dan kembang api belum. Belum diketahui penyebabnya. Kalau ngikutin media sosial mah ngga ada habisnya. Itu bukan pernyataan resmi dari kami (kepolisian-red)," tegas dia.

Polisi kini tengah menyelidiki penyebab kebakaran yang terjadi pada Padang Savana di Gili Lawa tersebut. Kabid humas Polda NTT, Kombes Pol Jules Abraham mengatakan Pihak Balai Taman Nasional Komodo telah membuat laporan polisi tentang kebakaran di Gili Lawa, Kamis kemarin.

"Perkembangan saat ini pihak penyidik dari Polres Manggarai Barat masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang mengetahui peristiwa kebakaran Padang Savana di Gili Lawa tersebut," ungkapnya.

 Beberapa saksi yang diperiksa, lanjut dia, merupakan mereka yang sempat melihat kejadian itu. Saat kejadian, ada beberapa kru kapal dan wisatawan di sana. "Ada beberapa saksi yang diperiksa terkait peristiwa kebakaran tersebut. Informasinya ada beberapa kru kapal dan wisatawan yang saat itu sedang berlabuh di Gili Lawa," pungkas dia.

Pihak kepolisian pun belum mengamankan siapa pun terkait insiden kebakaran hutan itu. Namun, pihak Kepolisian masih mencari siapa dalang dari kebakaran hebat tersebut.

(dna/bin/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up