JawaPos Radar

Kapolsek Tembak Anak Buah Hingga Tewas, Propam Turun Tangan

03/08/2018, 22:13 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kapolsek Tembak Anak Buah Hingga Tewas, Propam Turun Tangan
Ilustrasi (Dok JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Peristiwa penembakan yang dilakukan Kapolsek Siotapina, Buton, Sulawesi Tenggara, Iptu Suwoto, masih diselidiki Propam Polda Sulteng. Peluru yang diletuskan Kapolsek mengenai anak buahnya Brigadir Sanusi hingga tewas.

Karo Penerangan Masyarakat (Penmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, berdasarkan pemeriksaan sementara peristiwa tersebut tidak sengaja dilakukan oleh Kapolsek.

Saat itu, Kapolsek hanya hendak memberikan tembakan peringatan. Namun, kondisi senjata api dalam keadaan terkunci sehingga pelatuk tertarik dan menyebabkan Brigadir Sanusi tertembak.

"Dia ini, saat ingin memberikan tembakan terpeleset sehingga tembakan mengenai anak buahnya," katanya saat ditemui di Palembang, Jumat (3/8).

Dilanjutkannya, Kapolsek terus dilakukan pemeriksaan baik kejiwaannya maupun prosedur penggunaan senjata. Jika nantinya ditemukan pelanggaran tentunya akan diberikan sanksi.

Namun, dirinya belum dapat memastikan sanksi tersebut karena harus sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan kapolsek tersebut.

"Untuk saat ini Kapolseknya masih aktif dan belum dinon aktifkan karena kejadian ini masih baru," tutupnya.

Seperti diketahui, kejadian ini terjadi pada Selasa (31/7). Saat itu Kapolsek bersama anak buahnya ingin membubarkan aksi tawuran pelajar yang melibatkan warga di Desa Sampobalo, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulteng.

Kemudian, tiba-tiba seorang anggota polisi bertugas di Polsek Sampobalo tewas akibat terkena peluru nyasar yang merupakan milik Kapolseknya sendiri.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up