JawaPos Radar

Peneliti Ungkap Berapa Lama Waktu Liburan yang Ideal Bagi Pekerja

04/08/2018, 07:20 WIB | Editor: Nurul Adriyana Salbiah
durasi liburan, waktu liburan, merencanakan waktu liburan, cara menentukan waktu liburan, kapan liburan yang tepat, tips liburan,
Peneliti ungkap durasi liburan ideal untuk segarkan tubuh dan pikiran (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Ketika merencanakan liburan, salah satu poin utama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa lama Anda akan pergi. Sebab durasi liburan akan berpengaruh terhadap psikologis, baik itu perasaan senang dan pikiran yang lebih fresh.

Dilansir dari Harper's Bazaar, Jumat (3/8), menurut penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies, lamanya durasi liburan memiliki efek menguntungkan pada kesehatan Anda. Para peneliti turut menyebutkan efek panjang hari libur berguna untuk memunculkan hal positif.

Jadi berapa panjang idealnya waktu liburan? Lebih dari delapan hari. Penelitian ini berfokus pada liburan yang lebih panjang (berkisar antara 15 hingga 34 hari). Para ilmuwan melihat bagaimana proses psikologis berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan setelah masa liburan.

Hasilnya ditemukan bahwa kesehatan dan kesejahteraan dari para peserta meningkat pesat selama waktu liburan, memuncak pada hari kedelapan. Namun, dalam satu minggu setelah kembali bekerja, kesehatan dan kesejahteraan telah kembali ke tingkat dasar.

Sebagai kesimpulan, penulis penelitian menyebut kesehatan dan kesejahteraan meningkat selama masa liburan, tetapi efek positif ini berumur pendek. Sedangkan pengalaman liburan akan memunculkan kesenangan dan relaksasi, yang menjadi poin  penting untuk menambah kekuatan setelah liburan.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari liburan, cobalah untuk beristirahat selama lebih dari delapan hari. Isi waktu dengan pengalaman yang menyenangkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda.

(fid/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up