JawaPos Radar

Tak Ada Nama Cak Imin, Santri Buntet Hanya Deklarasi Jokowi

03/08/2018, 21:21 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Deklarasi Pilpres 2019
DEKLARASI JOKOWI: Ratusan santri di Cirebon mendukung penuh Joko Widodo maju kembali di pilpres 2019 mendatang, Jumat (3/8). (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Meski Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyandang predikat sebagai Panglima Santri, namun tidak ada deklarasi mendukung Cak Imin dalam deklarasi yang dilakukan oleh ratusan santri Buntet Pesantren Cirebon pada Jumat (3/8).

Ratusan santri yang tergabung Forum Santri Cirebon untuk Tanah Air (Fasbir) tersebut lebih memilih menunggu keputusan Jokowi menentukan pendampingnya untuk mendaftarkan diri sebagai calon presiden dan wakil presiden.

"Siapa pun pendamping Jokowi, kami akan terus mendukungnya maju sebagai capres. Siapa pun cawapresnya, itu yang terbaik untuk Jokowi," ujar pengasuh Buntet Pesantren Cirebon, KH. Wawan Arwani usai deklarasi di GOR Mbah Muqoyyim, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat (3/8).

Pilpres 2019
Ratusan santri yang tergabung Forum Santri Cirebon untuk Tanah Air (Fasbir) tersebut lebih memilih menunggu keputusan Jokowi menentukan pendampingnya untuk mendaftarkan diri sebagai capres cawapres. (Wildan Ibnu Walid/JawaPos.com)

Dia menilai, para santri sudah terbiasa menyikapi perbedaan pandangan soal calon pemimpin. Berbeda-beda dukungan adalah hal yang niscaya bagi politik santri. Sehingga, dalam berpolitik kaum sarungan mengedepankan akhlakul karimah dan menjaga nilai persatuan, kesatuan bangsa dan negara.

"Berbeda pandangan politik itu sudah biasa. Jadi, walaupun beda dukungan, santri tetap menjaga nilai persatuan bangsa," katanya.

Alasan mendukung Jokowi, kata Wawan, selama memimpin negara ini, Jokowi bukan saja memperhatikan dunia pesantren. Akan tetapi, berbagai kebijakannya memberikan manfaat dan dirasakan kepada masyarakat luas. Sehingga, para santri memberikan hak politiknya untuk memilih Jokowi kembali pada Pilpres mendatang.

"Soal siapa cawapres Jokowi, biarkan berjalan apa adanya. Kami menunggu saja," paparnya.

(wiw/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up