JawaPos Radar

Kapolri Bentuk Tim Khusus dari Mabes, Tindak Pelaku Karhutla

03/08/2018, 21:36 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Kapolri Bentuk Tim Khusus dari Mabes, Tindak Pelaku Karhutla
Kapolri saat menghadiri apel kesiagaan karhutla dalam rangka pengamanan Asian Games (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polri serius melakukan penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumsel. Kapolri Jenderal Tito Karnarvian sudah menurunkan tim khusus untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus Karhutla.

Tito mengatakan, penegakan hukum merupakan upaya prefentif yang dilakukan pihaknya untuk mencegah karhutla terulang lagi. Karena itu, pihaknya telah menurunkan tim khusus untuk efek jera kepada pelaku

"Kami akan genjot terus penegakan hukum ini," katanya saat ditemui di Palembang usai apel siaga karhutla dalam rangka pengamanan Asian Games di Palembang, Jumat (3/8).

Ia mengaku siapapun yang melakukan pembakaran hutan dan lahan harus ditangkap dan diproses sesuai aturan yang berlaku.

Sejauh ini, sudah ada dua yang diproses hukum. Ia berharap dengan langkah ini mampu memberikan pelajaran dan meminimalisir terjadinya karhutla terutama di Sumsel menjelang Asian Games mendatang.

Ia juga mengaku berdasarkan paparan, pihaknya cukup optimis selama Asian Games dapat dikelola potensi kerawanan karhutla.

"Kami juga sangat bangga seluruh unsur baik pemda, dan lain sebagainya saling berkaitan membantu dalam penanggulangan bencana karhutla," tutupnya.

Sebelumnya, Dirtipiter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Muhammad Fadil Imran menambahkan pihaknya telah mendatangi TKP untuk melakukan penyelidikan awal terhadap terjadinya karhutla.

Menurutnya penanganan kasus karhutla ini harus hati-hari jangan sampai terlepas. Karena itu, jika nanti bukti telah tercukupi maka akan dilakukan langsung penegakan hukumnya.

Berdasarkan laporan sejauh ini kasus karhutla yang terjadi di Sumsel yakni 15 kasus. "Kami akan terus bersinergi untuk mengawal Asian Games dan mengimbau warga untuk menjaga lahan bersama," singkatnya.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up