JawaPos Radar

Warga Tuban Temukan Goa Menakjubkan di Tambang Batu Kapur

03/08/2018, 20:55 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Goa Kapur
Warga Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding mengecek kondisi goa yang ditemukan di areal tambang batu kapur. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Sebuah goa ditemukan di lokasi area pertambangan batu kapur Dusun Krajan, Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim). Goa tersebut ditemukan pemilik lahan Sudaryono, 33, warga setempat.  

Penemuan goa eksotis itu terjadi tidak sengaja, tatkala Sudaryono tengah melakukan aktifitas penambangan batu kapur secara tradisional di lokasi pada Kamis (2/8), sekira pukul 15.30 WIB.

Sudaryono menyampaikan, waktu itu, ia sedang memotong batu kapur, tiba-tiba mendapati sebuah lubang kecil yang berhembus angin dari dalam. Mengetahui hal itu, dirinya membuat lubang yang cukup besar, ukurannya kisaran orang dewasa biasa masuk.

Usai membuat lubang, ia bersama warga yang saat itu juga melakukan penambangan, turun mengecek kedalaman goa tersebut. Dengan menggunakan tangga dari bambu dirinya masuk bergantian untuk mengecek kondisi di bawah.

"Awalnya saya menambang batu kapur seperti biasa, tiba-tiba saat membelah batu kapur ada sebuah lubang. Kemudian, saya berusaha masuk, ternyata di dalam terdapat goa luas dan sangat indah," kata Sudaryono, di Tuban, Jumat (3/8).

Di dalam, kata dia, terdapat stalagtit dan stalagmit yang sangat indah, menyatu dengan langit-langit goa. "Ada stalagtit dan stalagmit seperti menyala, kondisinya masih alami. Alasnya juga masih tanah liat," terangnya ditemani warga lain.

Dari hasil identifikasi bersama warga lainnya, goa tersebut diperkirakan memiliki panjang sekira 250 meter. Rinciannya, dari titik pintu turun ke arah timur panjangnya 200 meter, sedangkan ke barat sekira 50 meter.

Menurutnya, ia bersama warga sekitar belum bisa melakukan penyusuran sepenuhnya. Namun, lanjut dia, diperkirakan masih ada ruang yang belum teridentifikasi."Sementara panjangnya goa sekira 250 meter, masih belum kita ketahui sepenuhnya," tutup dia.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up