JawaPos Radar

Tolak Rekomendasi KASN

Sekda DKI Sebut Pejabat yang Dicopot Anies Tak Akan Dikembalikan

04/08/2018, 05:35 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Sekda DKI Sebut Pejabat yang Dicopot Anies Tak Akan Dikembalikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik pejabat eselon II di Pemprov DKI. (Reyn Gloria/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menegaskan bahwa para pejabat eselon II yang dicopot dari jabatan tidak bisa ditempatkan kembali seperti yang direkomendasikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Hal tersebut lantaran sebagian dari mereka terpaut usia.

Dia menjelaskan, setelah memasuki usia 58 tahun, pegawai negeri sipil (PNS) pimpinan tinggi pratama sudah harus pensiun dari jabatannya.

“Kalau sudah 58 tahun otomatis staf pensiun, kan 58 lebih ketika seseorang menduduki jabatan eselon II otomatis ya pensiun, mau apa lagi, waktu enggak bisa dibendung,” ujarnya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (3/8).

Terkait dengan rekomendasi yang diterbitkan oleh tersebut, menurutnya, hal itu sudah ditindaklanjuti. Pihaknya sudah mengembalikan jabatan Wakil Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Faisal Syafruddin sekaligus menjadi pelaksana tugas (Plt).

Namun, masih ada mantan pejabat lainnya yang tak bernasib sama dengan Faisal. Mereka adalah mantan Wali Kota Jakarta Selatan Tri Kurniadi, mantan Kepala Badan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa (BPPBJ) Indrastuty Rosari Okita, serta mantan Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setda DKI Adi Ariantara.

Nama-nama tersebut belum mendapat kepastian untuk dikembalikan atau tidaknya. Sebab, keputusan hanya bisa diambil oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Ada empat orang lagi, nah ini belum masuk masa pensiun, gajinya listing masih ada, nanti ini kembali kepada kebijakan gubernur ya, kalau yang bersangkutan dianggap mumpuni di suatu tempat bisa diposisikan kembali,” tutur Saefullah.

Selain daripada nama yang disebutkan, dia memastikan tidak akan ada pengangkatan kembali. “Tapi yang lebih dari 58 tahun, kan ada yang 59 menjelang 60 tahun, ya sudah diurus pensiunnya saja,“ tandasnya.

Sebelumnya, KASN telah memeriksa para mantan wali kota dan sejumlah pejabat eselon II yang dicopot Anies. Mereka menyimpulkan bahwa Anies melanggar UU 23/2013 dan memberikan rekomendasi berupa pengembalian 16 pejabat tersebut. Tenggat waktu yang harus dipenuhi Pemprov DKI adalah 30 hari, terhitung sejak minggu terakhir Juli 2018.

(yes/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up