JawaPos Radar

'Semarang 10K', Ajang Sport Tourism Baru di Kota Lunpia

03/08/2018, 19:41 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Semarang 10K
Peluncuran 'Semarang 10K' di Gedung Oudetrap, kawasan Kota Lama, Semarang, Jumat (3/8). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Pemerintah Kota Semarang kian gencar menggiatkan sport tourism guna mendatangkan wisatawan. Terakhir adalah melalui event lomba lari bertema 'Semarang 10K' yang baru saja diluncurkan di Gedung Oudetrap, Kawasan Kota Lama.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada saat peluncuran event ini, mengatakan, ada dua hal yang melandasi terciptanya 'Semarang 10K' yang rencananya dihelat pada 16 Desember 2018 mendatang. Selain untuk mencari atau menambah bibit-bibit pelari, pihaknya juga berencana mempromosikan pariwisata Kota Lunpia.

"Pertama, dari segi prestasi, dari siapa pemenangnya rekornya apa. Jadi ada pembibitan atlet dan skill pelari," kata Hendi, sapaan karib sang Wali Kota, Jumat (2/8).

Sedangkan dari segi wisata, Hendi menyatakan keinginannya agar 'Semarang 10K' dapat menjadi salah satu agenda tahunan yang diperhitungkan. Baik oleh pelari, maupun turis, seperti di acara Borobudur Maraton, atau Bali Maraton.

"Harapannya, yang berpartisipasi nanti orang di luar Semarang. Dengan demikian, muncul dampak ekonomi. Lalu, wisata-wisata juga bakal berkembang," sambungnya.

Sementara diketahui, 'Semarang 10K' ini sendiri tercipta dari hasil kerjasama antara Pemkot setempat dan Harian Kompas. Adi Prinarto, Wakil Redatur Pelaksana Harian Kompas menyebut, pihaknya ingin turut terlibat dalam upaya pemekaran pariwisata Indonesia, khususnya melalui sport tourism.

Acara memadukan pariwisata dengan olahraga macam ini, menurutnya selalu bisa berjalan sukses di luar negeri. "Mereka promosi wisata, orang kita datang kesana. Lalu, kenapa tidak objek wisata nasional kita dipromosikan juga keluar. Kalau Semarang mengadakan, saya yakin antusiasme akan berlipat. Destinasi wisata dipromosikan besar-besaran," tambahnya. 

Sebagai informasi, jumlah peserta 'Semarang 10K' ini dibatasi untuk 3.500 orang untuk dua kategori. Meliputi kategori umum dengan rentang umur 18 sampai 45 tahun, serta kategori master untuk peserta yang berumur 45 tahun atau lebih. 

Rute larinya nantinya akan mengelilingi spot-spot wisata di kota lunpia dengan maksimal jarak 10 kilometer. Dimulai dari Jalan Pemuda, kemudian Jalan Merak, dan Jalan Cendrawasih. Lanjut taman Srigunting, hingga Jalan Letjen Suprapto yang merupakan bagian dari kawasan Kota Lama Semarang. Total hadiah yang disediakan yaitu Rp 220 juta. 

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up