JawaPos Radar

Seorang Penumpang Ditangkap Karena Bercanda Bawa Bom

03/08/2018, 18:45 WIB | Editor: Budi Warsito
Seorang Penumpang Ditangkap Karena Bercanda Bawa Bom
Ilustrasi penangkapan (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Seorang Pria berinisial SS diamankan petugas Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Dia diamankan karena melontarkan candaan soal bom. Meski sudah berulangkali penumpang diamankan gara-gara candaan bom tersebut. Warga Jalan Setia Budi, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ini ternyata tetap nekat melakukan hal itu.

Branch Communication and Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto mengatakan, kejadian candaan bom itu dilakukan SS pada Kamis (2/8), sekitar pukul 13.25 WIB.

SS saat itu akan menumpang pesawat Lion Air JT-201 rute Kualanamu-Jakarta. Dia akan melanjutkan penerbangan dengan Lion Air JT- 0678 tujuan Palangkaraya.

Setelah di dalam pesawat, pramugari menanyai isi tas yang dibawanya. SS pen menjawab dia membawa bom. “Info awal dari pramugari Lion Air melaporkan adanya penumpang yang bercanda bom di kabin dan segera hal tersebut dilaporkan ke pihak sekuriti airline,” jelas Wisnu, Jumat (3/8).

SS langsung diturunkan dari pesawat oleh petugas bandara. Dia diperiksa. Tiketnya juga dibatalkan. “Telah dilakukan pendataan, pemeriksaan ulang terhadap orang dan barang. Laporan kronologis beserta surat pernyataan yangg disaksikan petugas terkait. Proses lanjut telah diserahkan ke Otoritas Bandara,” jelas Wisnu.

Candaan soal bom ini sudah kesekian kalinya terjadi di Kualanamu. Ada yang dilakukan dengan sengaja melakukannya, ataupun karena keisengan. Mereka yang diamankan petugas, dipaksa turun dari pesawat sampai pembatalan keberangkatan

Agaknya 'bom' jadi kata yang terlarang diucapkan di bandara. Tak main-main, bisa terjerag hukum pidana sesuai Undang-Undang No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up