JawaPos Radar

Kecelakaan Kapal di Thailand Bikin Turis Tiongkok Turun 60 Persen

04/08/2018, 05:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
kecelakaan kapal di thailand
Thailand akan kehilangan lebih dari setengah juta turis dari Tiongkok akibat kecelakaan kapal yang mematikan yang menewaskan hampir 50 orang pada Juli lalu (Reuters)
Share this image

JawaPos.com - Thailand akan kehilangan lebih dari setengah juta turis dari Tiongkok akibat kecelakaan kapal yang mematikan yang menewaskan hampir 50 orang pada Juli lalu. Ini merupakan pukulan bagi sektor pariwisata di negara tersebut.

Kapal Phoenix membawa sekitar 105 orang yang kebanyakan adalah orang Tiongkok. Kapal tersebut tenggelam dalam perjalanan kembali dari tempat snorkeling pada 5 Juli 2018 di pulau wisata selatan Phuket.

Kapal ini termasuk diantara tiga kapal yang mengabaikan cuaca buruk pada hari itu. Kapten kapal, yang juga seorang insinyur dan pemilik perusahaan yang mengoperasikan kapal telah ditangkap dan ditahan sementara pihak berwenang melakukan penyelidikan.

Penyelam dan angkatan laut menghabiskan lebih dari seminggu untuk mengambil para jenazah. Beberapa jenazah masih ada di dalam perahu, dengan korban tewas terakhir 47 warga negara Tiongkok.

Turis Tiongkok yang datang ke Thailand adalah seperempat dari warga Thailand itu sendiri. Kementerian Pariwisata dan Olahraga mengatakan, jumlah turis kemungkinan turun pada Juli-Desember.

"Faktor-faktor yang menyebabkan jumlah wisatawan Tiongkok turun adalah ketidakpuasan atas kecelakaan kapal yang terutama langsung mempengaruhi kelompok tur," kata pernyataan kementerian. Pernyataan itu menambahkan bahwa Agustus akan ada penurunan 60 persen.

Tetapi Thailand yakin bahwa kedatangan orang Tiongkok akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pihak kementerian menambahkan, mereka mengharapkan untuk menyambut lebih dari 11 juta wisatawan Tiongkok tahun ini.

Bencana itu adalah salah satu kecelakaan perahu terburuk dalam sejarah di Thailand. Namun kecelakaan ini mendapat sedikit perhatian karena berbarengan dengan terjebaknya 12 anak dan pelatihnya di Gua Tham Luang.

(iml/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up