JawaPos Radar

Jadwal Rilis Android P Bocor, Katanya 20 Agustus Ini

03/08/2018, 16:29 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Android P, Android p meluncur, android p rilis
Ilustrasi: Sistem operasi Android P. (Cnet)
Share this

JawaPos.com – Kehadiran Android P sudah dinanti. Google pun sebelumnya telah mengenalkan Android P. Namun terkait dengan rilis resminya, penerus Android Oreo (O) itu masih menjadi misteri.

Kendati demikian, sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Cnet, Jumat (3/8), kabar terbaru mengungkapkan bahwa Google bakalan mendeklarasikan operating system (OS) terbarunya pertengahan bulan ini. Informasi soal deklarasi dan peluncuran Android P pertama kali terkuak dari Evan Blass melalui cuitannya di akun Twitter miliknya. Di kalangan pencinta gadget, pernyataan dan prediksi Evan sering kali jitu.

Dalam cuitannya itu Evan menunggah sebuah gambar. Persisnya, gambar yang dibagikan itu adalah sebuah kalender Agustus 2018 lengkap dengan tanggalnya. Namun ada yang menarik, pada 20 diberikan tanda dengan huruf ‘P’.

Android P, Android p meluncur, android p rilis
Isyarat meluncurnya Andorid P 20 Agustus mendatang menurut Evan Blass. (Screenshoot/@evleaks)

Nah, tanda dari huruf ‘P’ berwarna hijau itulah yang dimaknai followersnya sebagai hari sakral. Mereka menduga 20 Agustus ini menjadi momen peluncuran resmi Android P oleh Google.

Cuitan Evan bukan tanpa alasan. Sebab merujuk pada agenda yang sudah-sudah terkait dengan pelepasan OS Android terbaru, tahun lalu Google merilis Android Oreo juga pada bulan yang sama, yakni 21 Agustus 2017.

Menurut beberapa sumber juga menyebut bahwa perangkat Pixel dan Nexus yang kompatibel akan mendapat langsung pembaruan ke OS baru tersebut pada 20 Agustus nanti.

Sedikit bergulir ke belakang, Google memperkenalkan Android P pada Mei di konferensi Google I/O tahunannya. Perangkat lunak ini telah tersedia dalam versi beta pengembang, tetapi Google belum mengumumkan tanggal peluncuran resminya.

Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, Amerika Serikat (AS) itu juga enggan berkomentar lebih lanjut soal Android P. Jika prediksi Evan benar, berarti kita akan segera mengetahui apa arti dibalik huruf ‘P’ untuk sistem operasi Android terbaru itu.

Untuk yang belum tahu, Google menamai setiap versi Android baru berdasarkan abjad dan camilan penutup dengan cita rasa manis. Misalnya, versi terbaru disebut Oreo, sebelum itu adalah Nougat, Marshmallow, dan Lollipop.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up