JawaPos Radar

Cak Imin Kumpulkan Para Kiai, Hasto Yakin PKB Konsisten

03/08/2018, 14:54 WIB | Editor: Imam Solehudin
Hasto Kristiyanto
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto ketika melayat ke ruma duka almarhum Yusuf Supendi di Jakarta, Jumat (3/8). (Gunawan Wibisono/Jawapos.com)
Share this image

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhamin Iskandar alias Cak Imin berencana menggelar pertemuan dengan 50 kiai dari Nahdlatul Ulama (NU). Cak Imin dikabarkan meminta saran dari para kiai, andai tak dipilih Jokowi sebagai cawapres.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yakin PKB tetap solid. Artinya Cak Imin tidak akan melakukan penarikan dukungan ke Jokowi.

"Enggak ada itu (penarikan dukungan)," ujar Hasto di kediaman bakal caleg PDIP almarhum Yusuf Supendi, Pekayon, Jakarta, Jumat (3/8).

Pria kelahiran Yogyakarta ini mengklaim jika partai politik pendukung Jokowi sangatlah solid di Pilpres 2019 mendatang. Sehingga dia tidak yakin ada partai yang melakukan penarikan dukungan.

"Semua parpol sudah ketemu presiden, semua sangat baik dan solid," katanya.

Menurut Tjahjo, pertemuan antara Cak Imin dengan para kiai merupakan satu hal positif. Karena memang sejarah PKB tidak lepas dari peran serta kiai dari NU.

"Dialog dengan para kiai, minta petunjuk kiai kan bagus. Prinsip demokrasi itu musyawarah, salah satunya lewat arahan dari ulama," pungkasnya.

Sekadar informasi Wakil Sekretaris Jenderal PKB Jazilul Fawaid mengatakan, 50 kiai akan melakukan pertemuan dengan Cak Imin pada Sabtu (4/8) mendatang.

Pertemuan dilakukan guna membahas mandat cawapres yang diberikan para kiai di NU terhadap Cak Imin di Pilpres 2019 mendatang. Kata Jazilul para kiai ingin mendapatkan informasi mengenai posisi cawapres jelang pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

(gwn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up