JawaPos Radar

KY Ikut Periksa Berkas Bacaleg di KPU Jatim

03/08/2018, 13:53 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Muhammad Arbayanto
Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto. (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Seorang bakal calon legislatif (bacaleg) diduga menggunakan berkas palsu dari Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Khususnya terkait keterangan bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat kasus korupsi. Menindaklanjuti hal tersebut, Komisi Yudisial (KY) dikabarkan telah menerjunkan tim khusus untuk menelitinya.

Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto membenarkan kabar turunnnya KY. Menurutnya, seorang petugas dari KY mendatangi kantor KPU Jatim untuk melihat surat yang diduga palsu. "Iya, ada dari KY semalam ke sini ikut mengecek," kata Arbayanto kepada JawaPos.com, Jumat (3/8).

Arbayanto tidak menyebutkan siapa bacaleg yang dimaksud. Namun yang jelas, surat tersebut menggunakan kop PN Surabaya dan dikeluarkan pada 24 Juli lalu. Manariknya, surat hanya ditandatangani seorang hakim. "Seharusnya surat itu tidak ditandatangani Ketua PN, bukan hakim," imbuhnya.

Selain itu, pihak KY juga ikut meneliti semua surat yang dikeluarkan PN Surabaya. Terutama surat yang dikeluarkan pada 24 Juli dan ditandatangani hakim yang sama. "Sementara ini yang saya tahu, dari PDIP juga di cek karena suratannya keluar pada tanggal yang sama," pungkasnya.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up