JawaPos Radar

Wabah Ebola Kongo Bisa Menyebar ke Perbatasan

03/08/2018, 15:05 WIB | Editor: Dyah Ratna Meta Novia
wabah ebola kongo bisa menyebar
Wabah ebola di Republik Demokratik Kongo Timur terus menyebar ke berbagai wilayah sekitarnya. Seorang Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, wabah tersebut kemungkinan menyebar ke perbatasan (Newsweek)
Share this image

JawaPos.com - Wabah ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) bagian timur terus menyebar ke berbagai wilayah sekitarnya. Seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, wabah tersebut berpotensi menyebar ke perbatasan.

Sebelumnya sebanyak empat orang di sekitar Mangina, kota yang jaraknya sekitar enam ribu di Kivu Utara perbatasan Uganda, telah dinyatakan positif terjangkit wabah ebola. Minggu lalu, ebola telah menewaskan setidaknya 33 orang di Afrika Tengah.

Wabah ebola diyakini disebarkan oleh kelelawar yang mencemari daging yang dijual di pasar lokal lalu dikonsumsi warga. Daging yang sudah tercemar dan dimakan manusia menyebabkan demam, muntah, serta diare.

wabah ebola kongo bisa menyebar
Wabah ebola telah menewaskan banyak orang (Donegal Daily)

Gejala tersebut juga menular melalui kontak langsung jika bersentuhan melalui keringat. Hal tersebut disebut dengan epidemi.

Tercatat sudah lebih dari 11.300 orang meninggal karena epidemi di Afrika Barat sejak 2013 hingga 2016. Penyebab wabah tersebut menjadi wabah ke-10 yang menyerang negara Afrika Tengah, yang terkenal sebagai wilayah berhutan sejak tahun 1976. Wabah ebola pertama kali ditemukan di dekat sungai Kongo bagian utara.

Kepala Tanggap Darurat WHO Peter Salama menduga, Republik Demokratik Kongo (DRC) menjadi wilayah dengan wabah ebola yang tinggi. Wabah tersebut kian meningkat khususnya di daerah perbatasan Uganda.

"Kami berbicara tentang puluhan kilometer tetapi saya menekankan, ini adalah informasi awal," katanya seperti dilansir Channel News Asia.

(ce1/trz/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up