JawaPos Radar

Honor 10 Bawa Fitur Kamera Mumpuni, Cantik Tapi Buas

03/08/2018, 11:00 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Tamplilan depan smartphone Honor 10. (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Honor menambah jajaran portofolio smartphone terbarunya. Dialah Honor10. Datang mewakili seri flagship alias smartphone papan atas, Honor 10 digadang-gadang hadir menggendong tajuk Beauty in AI.

Anak perusahaan Huawei itu menyebut bahwa Beauty in AI merepresentasikan kecanggihan handset dengan padanan keindahan sekaligus. Jika mau mengibaratkan dengan kata-kata, Honor 10 boleh dibilang gadget yang cantik tapi buas.

Dari rangkuman presentasi produk yang disampaikan, serta menilik sekilas produk tersebut di area experience saat peluncuran kemarin (2/8), Honor 10 memiliki beberapa keunggulan. Harganya sendiri hampir Rp 7 juta. Ya, Rp 7 juta kurang seribu.

Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Tamplilan belakang smartphone Honor 10. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Adapun fitur-fitur utama Honor 10 yang pertama adalah kamera belakangnya. Honor 10 dilengkapi dengan kamera berteknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan dengan lensa ganda 24 MP + 16 MP. Kamera tersebut dikembangkan dan didukung oleh prosesor Neural Processing Unit (NPU) dalam chipset Kirin 970.

Presiden Honor Indonesia James Yang mengklaim bahwa kamera ini dapat mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori secara real-time. "Kamera ini dapat mengenali garis bentuk berbagai objek sekitar, seperti langit, tanaman, orang atau bahkan air terjun, serta mengidentifikasi lokasi secara instan," kata James Yang.

Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Kamera depan smartphone Honor 10. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Fitur kamera ini juga didukung dengan teknologi Sematic Image Segmentation pertama di industri smartphone. Hal tersebut memungkinkan Honor 10 untuk mengidentifikasi banyak obyek dalam sebuah gambar. Teknologi inilah yang diklaim menjadikan Honor 10 berbeda dari smartphone lainnya.

Selain itu, fitur lain dari sisi kamera yang menjadi andalan Honor 10 adalah Augmented Reality (AR) lens-nya. AR lens disebut memungkinkan pengguna menyematkan efek atau background untuk menghasilkan foto yang menarik. Fitur lainnya termasuk Aperture, Portrait, Pro, Night Shot, Slow-mo, dan lain-lain.

Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Kamera belakang smartphone Honor 10. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Kecanggihan yang dimiliki kamera Honor 10 diklaim dapat menangkap gambar zoom hingga 10x dengan tetap menjaga kualitas gambar terlihat jelas. Bahkan Honor 10 juga mendukung fitur UHD 4K 3840 x 2160 untuk modus video juga fitur Stabiliser agar hasil rekaman video tetap stabil.

Tak hanya cantik dan ‘buas’ dari sektor kamera, keunggulan Honor 10 dari segi dapur pacunya adalah menggunakan prosesor NPU yang dibuat secara independen. Kemudian padanan RAM 4 GB dan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB memberikan ruang yang cukup untuk menyimpan semua momen menarik dalam galeri, aplikasi, maupun file.

Honor 10 juga dilengkapi dengan Honor Super Charge 5V/4.5A dengan baterai 3.400 mAh yang diklaim dapat terisi sebanyak 50 persen dalam waktu 25 menit saja.

Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Tampilan bawah smartphone Honor 10. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Terakhir, adanya graphics processing unit (GPU) Turbo dengan teknologi akselerasi pemrosesan grafis dengan perangkat keras dan lunak yang terintegrasi. Teknologi ini merekonstruksi cara pemrosesan grafis tradisional di sistem lapisan yang lebih rendah, sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dengan sangat signifikan.

Inovasi teknologi ini merupakan hasil dari fokus Huawei dan Honor dalam penelitian dan pengembangan (R&D) pemrosesan grafis. Hal ini juga disebut dapat meningkatkan efisiensi pemrosesan grafis sebesar 60 persen. Pada saat yang bersamaan bisa mengurangi pemakaian energi sistem dalam chip (System on Chip/SoC) sebesar 30 persen.

Honor 10, spesifikasi Honor 10, kelebihan honor 10
Honor 10 dalam genggaman tangan. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Hasil tersebut melebihi batas keseimbangan antara kinerja smartphone dan konsumsi energi. Sebagai tambahan, dengan kemampuan rendering yang lebih besar, perangkat Honor diklaim dapat mencapai kualitas grafis yang luar biasa dengan GPU Turbo. Bahkan ketika aplikasi mobile game tidak didukung oleh pencitraan High Dynamic Range (HDR).

Dalam presentasinya, James Yang juga sesumbar bahwa Honor 10 bahkan mampu mengalahkan ponsel dengan banderol lebih mahal dari kompetitornya, yakni Samsung dan Apple untuk urusan grafis dan performa gaming.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up