JawaPos Radar

Polrestabes Surabaya Tawarkan SIM Gratis

03/08/2018, 10:58 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
AKBP Eva Guna Pan Pandia
Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pan Pandia. (Dida Tenola/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menyambut HUT RI ke-73, Satlantas Polrestabes Surabaya menggelar program pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. Sasarannya adalah para pelajar.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pan Pandia menjelaskan, program berlaku bagi mereka yang belum pernah membuat SIM. "Jadi untuk yang buat SIM baru saja, bukan perpanjangan. Tidak berlaku bagi mereka yang SIM-nya mati lalu harus bikin baru. Artinya, pemohon tidak pernah punya SIM sebelumnya," jelas Pandia kepada JawaPos.com, Jumat (3/8).

Ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus diperhatikan. Pemohon SIM harus lahir pada 17 Agustus. Usia minimal adalah 17 tahun, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Nantinya pemohon tetap harus melengkapi syarat administrasi. Salah satunya adalah KTP untuk menunjukkan mereka lahir 17 Agustus, serta belum pernah punya SIM.

Pelayanan pembuatan SIM gratis akan digelar selama dua hari di Satpas Colombo. Yakni, pada 16 dan 18 Agustus 2018. Jam pelayanan seperti biasa. Mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

"Sebab tanggal 17 pelayanan libur. Sehingga yang belum sempat punya waktu pada tanggal 16, bisa datang tanggal 18-nya," imbuh alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000 tersebut.

Pemohon yang memenuhi syarat umur dan tanggal lahir yang telah ditetapkan, tidak serta merta langsung mendapat SIM baru. Mereka harus tetap melalui tes teori dan praktik.

Program SIM gratis memang sengaja menyasar para pelajar. Penanaman budaya tertib berlalu lintas harus dilakukan sejak dini. "Sasaran utama kami memang generasi muda. Punya SIM adalah adalah salah satu bukti bahwa pengendara itu taat aturan," ujar mantan Kasatlantas Polres Jepara itu.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up