JawaPos Radar

Asian Games Bebas Asap, 3 Daerah Ini Jadi Perhatian Kapolda Sumsel

03/08/2018, 11:10 WIB | Editor: Bintang Pradewo
Asian Games Bebas Asap, 3 Daerah Ini Jadi Perhatian Kapolda Sumsel
Ilustrasi, Karhutla berpotensi mengganggu acara Asian Games di Palembang pada Agustus nanti. (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kebakaran hutan dan lahan masih mengancam Kota Palembang jelang Asian Games 2018. Pasalnya titik api di Agustus hingga September terbilang tinggi.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Abdinegara mengatakan, ada tiga daerah yang menjadi perhatiannya mengenai asap dari karhutla. "Yang kami pantau betul itu arah selatan dan tenggara Kota Palembang, itu di Kabupaten Ogan Komering Ilir maupun Ogan Ilir dan kemudian Lampung," kata dia saat berbincang dengan JawaPos.com, Kamis (2/8) sore.

Dia menjelaskan, apabila tiga wilayah tersebut mengalami kebakaran hutan dan lahan, angin yang bertiup langsung menuju kota Palembang. Sehingga asap akan menyelimuti Bumi Sriwijaya itu.

"Itu yang kami waspadai sekali," khawatir Zulkarnain.

Untuk itu, antisipasi terhadap karhutla tersebut telah dilakukan. Seluruh Bhabinkamtibnas di desa-desa diminta bergerak memantau langsung lahan-lahan gambut utamanya.

Jika ada titik api, mereka langsung mengambil gambar dari kondisi lokasi tersebut dan kemudian dikirim ke pesan grup untuk kemudian ditindaklanjuti pemadaman. "Kita ikhtiarkan sekeras-kerasnya menjamin bahwa tidak ada asap di Asian Games," tegas Zulkarnain.

Bantuan dua pleton anggota dari Mabes Polri pun katanya sudah diterimanya. Mereka sudah diterjunkan ke daerah yang rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Mereka memantau, patroli, menghimbau masyarakat tidak ada proses pembakaran lahan dan hutan. Di samping itu kami diberi juga satu helikopter di Sumatera Selatan," pungkas Zulkarnain. 

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up