JawaPos Radar

Hari Kemerdekaan, Warga Jogja Sulap Kampungnya Menjadi 3 Dimensi

03/08/2018, 10:41 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kampung 3 Dimensi
KREATIF: Warga di Perumahan Nogotirto V, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, Jogja membuat gambar 3D di jalan kampugnya. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Berbagai macam cara dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap pada 17 Agustus. Tirakat mengenang jasa-jasa para pahlawan, upacara bendera, hingga memeriahkan hari kemerdekaan dengan kegiatan lomba.

Ada cara menarik yang dilakukan di salah satu kampung yang berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ). Atau tepatnya di RT 5/35, Perumahan Nogotirto V, Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping.

Selain memasang umbul-umbul merah putih di setiap sudut perumahan, sejak Sabtu (28/7) lalu, mereka menyulap kampung mereka dengan suguhan gambar 3 dimensi.

Kampung 3 Dimensi
Setidaknya sudah ada 7 gambar hasil karya warga di jalan itu. Seperti permadani, sumur, perahu, rubik, perahu, zebra cross, hingga tulisan RT 05. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Di atas konblok jalan kampung, warga melukisnya dengan gambar-gambar 3 Dimensi (3D) yang memukau. Sengaja memang karya-karya tersebut dibuat di atas jalan kampung.

"Baru Sabtu kemarin buatnya itu. Sehari saja, gotong-royong warga di RT sini. Spontanitas saja, tanpa rapat terlebih dahulu," kata salah seorang penggagas dari pembuatan gambar tersebut, Benno Lintang Abinawa Widagda, 26, yang merupakan pemuda di kampung itu.

Setidaknya sudah ada 7 gambar hasil karya warga di jalan itu. Seperti permadani, sumur, perahu, rubik, perahu, zebra cross, hingga tulisan RT 05.

"Se-RW ada lomba memancing, dan kebersihan RT. Nah gambar ini sebenarnya untuk menambah nilai poin lomba kebersihan RT itu," katanya, ditemui Kamis (2/8).

Tak dinyana, karya gambar-gambar 3D yang menghabiskan sekitar 20 kaleng kiloan cat itu menjadi daya tarik. Sebagai salah 1 objek bermain bagi anak-anak sekitar perumahan, hingga tujuan bagi warga luar daerah. Untuk sekedar berfoto selfi saja di gambar tersebut.

Sebab, ketika dilihat hanya sekilas gambar itu tampak hanya biasa. Namun saat diambil fotonya, membuat orang yang melihatnya takjub. "Setiap hari ada lebih kalau 30 orang luar kampung yang datang. Kalau anak-anak sini, tiap pulang sekolah atau sore hari dibuatnya tempat bermain," katanya.

Seperti yang dilakukan oleh pasangan Mansyur Abdul Rohani, 52 dan Rohana, 50, warga asal Kotagede, Kota Jogjakarta. Melihat objek gambar 3D itu viral di media sosial, kemudian didatanginya. "Penasaran. Datang ke sini kok gambarnya cuma kayak gini. Tapi setelah difoto kok bagus," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up