JawaPos Radar

KPU Jatim Coret 70 Bacaleg

03/08/2018, 09:57 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Muhammad Arbayanto
Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto. (Moh Mukit/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur (Jatim) menyeleksi bakal calon legislatif (bacaleg). Dari total 1.670 bacaleg yang mendaftar, kini tersisa 1.600 orang. 70 Bacaleg lainnya dicoret lantaran tidak memenuhi syarat (TMS).

Dari bacaleg yang TMS, paling banyak dari Partai Hanura. Yakni, 30 bacaleg. Kemudian dari PKPI 21 bacaleg, Partai Garuda 7 bacaleg, PSI 6 bacaleg, dan PBB 3 bacaleg. Lalu PKS, Partai Perindo dan PPP masing-masing ada 1 bacaleg yang dinyatakan TMS.

"Hanura paling banyak yang TMS. Dari 120 (bacaleg) yang didaftarkan, sekarang sisa 90," kata Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto kepada JawaPos.com, Jumat (3/8).

Pemilu 2019
Ilustrasi. (Dok. JawaPos.com)

Menurut Arbayanto, ada banyak faktor yang menyebabkan bacaleg dinyatakan TMS. Namun mayoritas tidak melampirkan surat keterangan dari pengadilan yang menerangkan tidak pernah dipidana. "Tapi ada juga yang bermasalah pada berkas lainnya," terangnya.

Tidak menutup kemungkinan, ada lagi bacaleg yang TMS. Karena masih ada bacaleg yang terindikasi pernah terlibat dalam kasus korupsi dan sekarang berkasnya dalam tahap klarifikasi ke pengadilan negeri. "Jumlah ini belum final. Bisa saja nanti bertambah meski tidak begitu signifikan," pungkas Arbayanto.

(mkd/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up