JawaPos Radar

Tahun Depan, Jumlah Nilai Bantuan PKH Akan Dinaikkan

03/08/2018, 01:30 WIB | Editor: Budi Warsito
Tahun Depan, Jumlah Nilai Bantuan PKH Akan Dinaikkan
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan akan menaikkan nilai bantuan langsung kepada keluarga penerima program PKH.  (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Topik kesetaraan gender bukan hanya menjadi concern Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Kementerian Keuangan, ternyata juga menaruh perhatian di sisi kesejahteraan perempuan. 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menyatakan, pihaknya akan menaikkan jumlah keluarga penerima dan nilai Program Keluarga Harapan (PKH). Mekanismenya, melalui bantuan langsung kepada keluarga penerima. "Saat ini, kami mencatat ada 10 juta kepala keluarga penerima PKH. Tapi tahun depan, nilainya akan kami naikkan," kata Sri Mulyani di Hotel Sheraton, Surabaya, Kamis (2/8). 

Sri tidak menyebut berapa nilai bantuannya. Hanya, dia berpendapat bahwa, setidaknya, bantuan tersebut dapat memotong siklus kemiskinan.  Sehingga, keluarga tidak menjadikan kemiskinan sebagai alasan untuk tidak menyekolahkan anak. "Terutama anak perempuan. Karena biasanya anak laki-laki yang selalu mendapat prioritas," kata Sri Mulyani. 

Karenanya, Sri Mulyani mengklaim, kenaikan nilai bantuan PKH mampu membuka kesempatan kerja dan pendidikan. Khusunya, bagi perempuan dari keluarga miskin. 

"Karena tidak hanya menciptakan value ekonomi. Tapi nilai tambah dari ketahanan perekonomian," kata Sri.

Tak hanya menaikkan bantuan untuk keluarga penerima PKH. Sri Mulyani juga menyebut pihaknya akan berupaya meningkatkan akses fasilitas kesehatan bagi ibu hamil. 

Menurutnya, Kartu Indonesia Sehat belum sepenuhnya menyediakan kemudahaan di sisi fasilitas kesehatan. Kaitannya, dengan angka kematian ibu saat melahirkan. "Perempuan masih didiskriminasi karena fasilitas kesehatan. Apalagi, kaitannya dengan fasilitas kesehatan untuk ibu yang melahirkan," katanya. 

(HDR/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up