JawaPos Radar

Insya Allah Happy Ending, Arnita Kini Bisa Kembali Ngampus di IPB

02/08/2018, 22:02 WIB | Editor: Dimas Ryandi
Arnita IPB
Selama beasiswanya dicabut, Arnita memilih kuliah lagi di UHAMKA Jakarta Timur dengan biaya sendiri itu, Arnita menjadi guru les privat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di Jakarta dan membayar uang kuliahnya. (JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polemik penghentian beasiswa Arnita Rodelia Turnip kini sudah selesai. Mahasiswi Institut Pertanian Bogor (IPB) Fakultas Kehutanan itu akan mulai kembali kuliah di kampus Darmaga. Ini karena status Beasiswa Utusan Daerah (BUD) Arnita kembali aktif setelah Pemkab Simalungun mentransfer biaya kuliah kepada pihak Rektorat IPB sebesar Rp 55 juta.

Rektor IPB Arif Satria mengapresiasi langkah positif Pemkab Simalungun ini sebagai bagian dari upaya mencetak generasi unggul yang akan turut memajukan pembangunan. Khususnya pada aspek pertanian di kabupaten itu.

"Pemerintah Kabupaten Simalungun kembali membiayai beasiswa Arnita Rodelia Turnip. Pemkab telah berkoordinasi dengan pihak IPB sebagai proses penyelesaian masalah pengaktifan perkuliahan mahasiswa penerima BUD," kata Arif dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Kamis (2/8).

Arif Satria
Rektor IPB Arif Satria mengapresiasi langkah positif Pemkab Simalungun ini sebagai bagian dari upaya mencetak generasi unggul yang akan turut memajukan pembangunan pertanian di daerah.. (JawaPos.com)

Sementara itu, Wakil Rektor IPB Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Drajat Martianto menjelaskan, Arnita akan kembali masuk kuliah di IPB meneruskan studinya yang dulu sempat terhenti selama 2 semester. Arnita akan kembali masuk kuliah di semester 3. Arnita kaan mulai kuliah lagi 1 September 2018. 

"Betul (semester 3). Insya Allah Happy Ending," tegas Drajat.

Diketahui, Kamis (2/8) Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun telah membayarkan tunggakan dana beasiswa BUD IPB atas nama Arnita Rodelina Turnip sebesar 55 juta rupiah.

Selain membayar tunggakan biaya kuliah dimaksud, Pemkab Simalungun sebagaimana isi surat yang ditujukan kepada Ombudsman Sumatera Utara tertanggal 2 Agustus 2018 juga menyatakan komitmennya untuk terus membiayai pendidikan Arnita Rodelina Turnip berikut biaya hidup sesuai perjanjian kerjasama yang ditandatangi IPB dan Pemkab Simalungun tahun 2015.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sumatera Utara Abyadi Siregar mengatakan, dengan diaktifkannya kembali status kepesertaan Arnita sebagai mahasiswa program BUD Pemkab Simalungun dan dibayarnya seluruh tunggakan uang kuliah hingga biaya hidupnya maka tugas Ombudsman selesai.

"Masih banyak lagi tugas kita ke depan. Mengawasi pelayanan publik itu tugas dan tanggung jawab kita bersama," pungkas Abyadi. 

Diketahui, selama beasiswanya dicabut, sebetulnya Arnita sudah kuliah lagi di UHAMKA Jakarta Timur. Selama kuliah dengan biaya sendiri itu, Arnita menjadi guru les privat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya di Jakarta dan membayar uang kuliahnya. Namun kini, gadis yang memilih keyakinan sebagai mualaf itu bisa tersenyum lega untuk kembali ke kampus tercintanya di IPB.

(ika/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up