JawaPos Radar

Koalisi Jokowi Buka Peluang untuk PAN, Zulkifli: Itu Suatu Kehormatan

02/08/2018, 21:53 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Zulkifli Hasan
KETUA MPR Zulkifli Hasan didampingi Rektor UMM, Fauzan sebelum memberikan materi Empat Pilar di UMM (dok. Humas UMM)
Share this

JawaPos.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengaku terhormat karena sikap partai koalisi Joko Widodo yang masih membuka peluang bagi partainya untuk bergabung. 

Meski begitu, di internal partainya masih belum memutuskan calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diajukan dalam Pemilu 2019. Walau PAN sudah diisyaratkan masuk dalam kubu pendukung Gerindra, yang mengusung Prabowo Subianto. 

"Itu (ruang untuk bergabung ke koalisi Presiden Jokowi) suatu kehormatan. Kan nanti gini ya, pada akhirnya PAN akan memutuskan ya," kata dia saat menghadiri Muktamar XVIII Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM), Kamis (2/8)

Arah dukungan partainya ini, akan ditentukan melalui Rakernas yang diselenggarakan 6 hingga 7 Agustus nanti di Jakarta. "Nah nanti teman-teman bisa ikut," katanya. 

Maka dari itu, Zulkifli yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini masih enggan mengatakan partainya akan masuk ke koalisi yang mana. "Rakernasnya belum kok tanya," katanya.

Kendati demikian, Zulkifli mengatakan, capres yang sudah pasti akan bertarung pada Pemilu 2019 hanya tinggal dua nama. Yakni Presiden Joko Widodo yang akan maju untuk periode yang kedua serta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Capres sudah intens ya. Saya kira tinggal dua. Pak Jokowi dan Pak Prabowo nanti kita lihat," imbuh dia. 

Soal kemungkinan Amin Rais tidak akan sodorkan nama, menurut dia, semua partai akan menyodorkan nama. 

"Tapi pada akhirnya nanti kan gak bisa dong. PAN diambil, PKS diambil, PKS diambil, Demokrat diambil, kan wakilnya cuma satu. Nah kalau dimusyawarahkan, kalau gak bisa musyawarah ya salah satu," tandasnya.

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up