JawaPos Radar

Olivia Zalianty Masuk Lobang Jepang dengan Obor Asian Games

02/08/2018, 22:30 WIB | Editor: Yusuf Asyari
Olivia Zalianty Masuk Lobang Jepang dengan Obor Asian Games
Anton Fadjar A Siregar sebagai Direktur Operasional Ritel PT Askrindo menyerahkan api obor ke Olivia Zalianty dalam kirab api obor Asian Games 2018 di Kota Bukittinggi, Kamis (2/8) (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Kedatangan api obor Asian Games 2018 di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) disambut ribuan warga termasuk para pelajar. Artis Olivia Zalianty didaulat sebagai pembawa api abadi dari India dan Mrapen Purwodadi, Jawa Tengah itu menuju Lobang Jepang.

Menerobos terowongan Lobang Jepang yang terbilang sempit, Olivia bersemangat berjalan dalam Lobang sepanjang 1,4 km itu. Olivia menerima estafet obor dari Ketua Deputi ll INASGOC Francis, Wanandi.

"Kalau lari di jalan mungkin euforianya begitu. Namun ini lari di dalam gua, ditambah gelap. Pengalaman ini beda sekali," ujar Olivia Zalianty usai mengarak obor melewati Lobang Jepang, Kamis (2/8).

Artis 36 tahun mengakui, medan Lobang Jepang cukup berat, bahkan itu dikatakan oleh beberapa atlet. Dengan membawa obor di tengah gelap gulitanya Lobang, Olivia harus melewati ratusan anak tangga.

Olivia berharap, semangat yang dibawanya saat melewati Lobang Jepang dapat memotivasi atlet nasional yang akan bertanding di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. "Antusias warga juga sangat luar biasa," kata Olivia.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengapresiasi INASGOC yang memilih Bukittinggi sebagai salah satu kota yang dilalui api obor Asian Games 2018. Bukittinggi sendiri merupakan kota ke-28 dari 20 provinsi di Indonesia yang disambangi obor Asian Games.

Lobang Jepang sengaja dipilih sebagai salah satu rute arak-arakan obor karena dianggap memiliki nilai sejarah tinggi bagi Indonesia dalam merebut kemerdekaan. "Kirab api Asian Games menunjukkan bahwa Indonesia harus sukses dari sisi penyelenggaraan dan prestasi. Ini tentunya juga diharapkan mendongkrak pariwisata Sumbar," katanya.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up